visitaaponce.com

RRI Bandung Harus Jadi Media Terpercaya Tangkal Berita Hoaks

RRI Bandung Harus Jadi Media Terpercaya Tangkal Berita Hoaks
Anggota Komoisi I DPR RI Junico Siahaan(ANTARA)

DALAM upaya menjaga integritas dan keamanan proses demokrasi menjelang Pemilihan Umum (Pemilu) 2024, Anggota Komisi I DPR RI Junico Siahaan menegaskan bahwa Radio Republik Indonesia (RRI) Bandung harus memperkuat tugasnya sebagai media pemersatu bangsa. RRI juga harus memastikan informasi yang disebarkan terpercaya bukan berita hoaks.

Mantan presenter yang dikenal dengan nama Nico Siahaan ini menyatakan bahwa keberadaan media seperti RRI memiliki peran penting dalam mengedukasi masyarakat tentang pentingnya informasi yang akurat dan kredibel, terutama di tengah maraknya penyebaran berita palsu di era media baru yang mengutamakan kecepatan ketimbang keakuratan berita seperti saat ini.

“Bahwa RRI ini harus bisa lebih selektif lagi mengerjakan hal-hal sebagai media pemersatu bangsa, dengan memastikan informasi yang disebarkan bukan hoaks. RRI tidak perlu buru-buru soal pemberitaan karena kalau di pemberitaan online yang lain cepat itu adalah jawaban. Tetapi untuk RRI menurut saya utamakan kepercayaan publik dengan menyediakan informasi yang valid,” ujar Nico dalam Kunjungan kerja Reses Komisi I DPR RI ke RRI Bandung, pada Rabu (8/2).

Baca juga : Berantas Hoaks, Legislator Harap TVRI dan RRI Perluas Jangkauan Siaran ke Pelosok Indonesia

Legislator PDI-Perjuangan ini juga menekankan pentingnya kolaborasi antara lembaga pemerintah, media massa, dan masyarakat dalam mengatasi penyebaran hoaks. Menurutnya, RRI Bandung sebagai salah satu media yang memiliki jangkauan luas di masyarakat, memiliki tanggung jawab besar dalam hal ini.

"Yang paling penting adalah RRI sebagai media milik pemerintah dengan jangkauan yang luas harus tetap menjaga komitmennya dalam mengemban tanggung jawab besar memberikan informasi yang akurat dan kredibel, agar dapat menciptakan kondisi yang kondusif bagi proses demokrasi yang sehat," tutup Nico Siahaan. (S-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Chadie

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat