visitaaponce.com

Biaya Kuliah Mahal, Cak Imin Kita akan Beri Kredit Mahasiswa

Biaya Kuliah Mahal, Cak Imin : Kita akan Beri Kredit Mahasiswa
Cawapre nomor urut 1 Muhaimin Iskandar(MI/Susanto)

CALON wakil presiden nomor urut 1 Muhaimin Iskandar (Cak Imin) mengatakan, pihaknya akan mendukung mahasiswa menuntaskan kuliah, meski biaya pendidikan tinggi saat ini sangat mahal.

Cak Imin menjelaskan bila paslon Anies Baswedan - Muhaimin Iskandar (AMIN) menang dalam Pilpres nanti, maka pihaknya akan membantu biasa kuliah mahasiswa. Salah satu solusi yang ditawarkan adalah Kredit Mahasiswa.

"Ya tentu saja uang kuliah menjadi perhatian kita semua dan nanti memang kita akan bikin sistem pembiayaan pembelajaran kuliah dan mahasiswa yang baru. Nanti akan ada anggaran pemerintah yang bisa dipinjam kayak dulu itu namanya Kredit Mahasiswa Indonesia," ujarnya dalam acara Slepet Imin di Malang, Jawa Timur, Jumat (9/2) malam.

Baca juga : Uni Eropa Beri Beasiswa Erasmus untuk 78 Mahasiswa Indonesia Kuliah di Eropa

Cak Imin menyebut program itu juga untuk menghindari mahasiswa dari pinjaman online (pinjol) sebagai alternatif biaya kuliah. Sebab, pinjol yang kian marak dan masuk hingga ke lingkungan pendidikan tinggi, telah berdampak negatif.

Menurutnya, pinjol dengan bunga yang tinggi membebankan mahasiswa. Lantas, Kredit Mahasiswa diberikan tanpa ada bunga pinjaman sepeser pun.

"Itu punya pemerintah yang memang boleh dipinjam tapi nanti kalo gak bisa bayar ijazahnya ditahan dulu gitu. Tapi daripada pinjol yang berbunga kalau dari pemerintah gak pakai bunga, itu salah satu (solusi)," kata dia.

Baca juga : PPM School of Management Berikan Beasiswa Insan Pendidikan Bagi Anak Guru

Solusi lainnya, yakni melalui pemberian beasiswa kepada mahasiswa kurang mampu. Program seperti ini memang sudah dilakukan rezim-rezim sebelumnya, akan tetapi kerap tidak tepat sasaran dan juga anggaran yang sangat terbatas.

Lebih lanjut, dia menyoroti pemerataan pendidikan antara Indonesia bagian barat dan timur. Cak Imin menegaskan bahwa pendidikan di Indonesia timur memang perlu lebih diperhatikan, mengingat adanya ketimpangan yang cukup jauh dengan dearah lainnya.

Oleh karena itu, keberpihakan pemerintah lewat program beasiswa harus ditingkatkan. 

Baca juga : Beasiswa Idealnya Bukan Hanya Berikan Dana Pendidikan

"Di sisi lain kita perbanyak beasiswa terutama Indonesia timur. Itu terus terang harus dipahami, harus sebanyak-banyaknya beasiswa diberikan ke sana untuk aspek pemerataan dan keadilan," kata dia. (Z-5)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Ghani Nurcahyadi

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat