visitaaponce.com

Gempa Berkekuatan 5,4 Magnitudo di Maluku Tengah Dipicu Pergeseran Lempeng

Gempa Berkekuatan 5,4 Magnitudo di Maluku Tengah Dipicu Pergeseran Lempeng
Ilustrasi(MI)

Gempa tektonik berkekuatan 5,4 magnitudo yang mengguncang Kabupaten Maluku Tengah, Maluku, Selasa (27/2) dini hari, dipicu oleh pergeseran batuan dalam lempeng di Laut Banda. Pernyataan tersebut diungkapkan Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Daryono dalam laporan resmi yang diterima di Jakarta, Selasa.

Ia menjelaskan pusat gempa berada pada koordinat 5,88 derajat Lintang Selatan; 130,57 derajat Bujur Timur dari perairan Laut Banda. Berdasarkan hasil analisa BMKG, diketahui gempa tersebut merupakan gempa klaster menengah yang titik episentrumnya berada pada kedalaman 112 kilometer.

"Gempa bumi ini memiliki mekanisme pergerakan geser naik atau oblique thrust fault," jelasnya.

Baca juga : Gempa M 5,1 di Maluku Tengah akibat Subduksi Banda

Oleh karena itu, pihaknya mengestimasi dampak getaran gempa terasa dari wilayah Pantai Timur Laut sampai ke Amahai, Banda, Wer Maktian Kabupaten Maluku Tengah, hingga ke Maluku Tenggara Barat dengan skala intensitas III MMI, atau getaran dirasakan nyata dalam rumah seakan ada truk berlalu.

Meski demikian, Daryono memastikan, sejak pukul 03.00 WIB hingga saat ini belum ada laporan atas dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempa tersebut.

"Hasil analisa pemodelan gempa pun menunjukkan bahwa gempa bumi ini tidak berpotensi tsunami," tandasnya. (Ant/Z-11)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Andhika

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat