visitaaponce.com

Stimulasi Pijat Bayi di Usia Dini Punya Banyak Manfaat

Stimulasi Pijat Bayi di Usia Dini Punya Banyak Manfaat
Manfaat pijat bayi(Kemenkes.goid)

Memijat merupakan salah satu aktivitas yang dapat memberikan stimulasi positif pada tubuh lewat sentuhan fisik. Aktivitas ini sangat bermanfaat untuk bayi.

ketua IDAI cabang Jateng Fitri Hartono menyampaikan, mekanisme pijat dapat mempengaruhi nilai positif dari beberapa aspek psychologi, neurologi, biomechanical, dan immunologi. Dari beberapa aspek ini telah banyak penelitian-penelitian yang telah dilakukan terkait dengan mekanisme saat dilakukannya stimulasi pijat dan disarankan untuk diberikan sebagai bentuk pada anak di usia dini. 

Dalam penelitian, jika anak yang telah melakukan pijat selama 5 hari akan terjadi peningkatan hormon pertumbuhan lebih tinggi, dari anak yang tidak di pijat. 

Baca juga : Bayi Sudah Bisa Dipijat Sejak Lahir Lho

"Dengan penelitian kami IGF-1 dan hormon cortisol sangat berbeda antara anak yang di pijat dengan yang tidak dipijat. Pada anak yang di pijat  hormon cortisolnya menurun dan hormon IGF-1nya meningkat," ucap Fitri dalam seminar Stimulasi Pijat (5/4/24).

Ia menjelaskan, manfaat terhadap pertumbuhan stimulasi pijat dapat mempengaruhi kenaikan berat badan pada prematur, dan menurunkan feeding intolerance, serta didapatkan peningkatan berat badan harian sebesar 0.53 gram pada stimulasi pijat. Stimulasi pijat prematur harus didampingi oleh spesialis anak, karena mimiliki teknik yang sangat berisiko dan dilakukan pada bayi rawat inap di ICU.

Kenapa pada bayi prematur lebih banyak terjadi kenaikan berat badan? Dr. dr. Fitri Hartono menjelaskan bahwa pada saat dipijat volume risiko pada lambung ternyata lebih rendah sisanya dan diserap lebih baik, dibanding dengan bayi yang tidak dipijat.

Baca juga : Pijat Bayi Diyakini Memiliki Banyak Manfaat

Efek dari multi sensorik yang dilakukan pada saat stimulasi pijat, ternyata dapat mengurangi waktu hunian pada saat bayi berada dirumah sakit, terutama bayi-bayi prematur. Selain itu juga memberikan pengurangan terhadap rasa sakit.

Fitri mengatakan bahwa sedang mencoba mencari beberapa gerakan dari bentuk stimulasi pijat yang bisa diajarkan kepada keluarga, yang nanti orang tua bisa melakukannya sendiri. Namun, tidak mengajarkan untuk buka praktik pemijatan tetapi mengajarkan. 

Selain itu ada efek pijat bayi pada down syndrom. Stimulasi pijat yang diberikan pada bayi down syndrom dapat memberikan dampak yang baik terhadap usia dan kecerdasan pembangunan global, perkembangan motorik, perkembangan kondisi visual motorik, dan kecerdasan perkembangan sosial. 

Kapan stimulasi pijat dapat dilakukan pada bayi?

Stimulasi pijat dapat dilakukan pada usia terawal, saat bayi lahir sudah bisa mendapatkan rangkaian stimulasi jika sudah dipersiapkan. Paling efektif melakukan stimulasi pemijatan yaitu 1 sampai 2 kali dalam sehari atau seminggu tiga kali. Kondisi ini dapat memberikan bonding atau ikatan antara orang tua dan anak menjadi lebih kuat, dan dapat meningkatkan kualitas tidur pada anak. (Z-10)

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Gana Buana

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat