visitaaponce.com

25 PTN Mulai Buka Jadwal Penerimaan Mahasiswa Baru

25 PTN Mulai Buka Jadwal Penerimaan Mahasiswa Baru
Logo kampus-kampus pelaksana smmptnbarat(Dok sekretariat smmptnbarat)

25 Perguruan Tinggi Negeri (PTN) mulai membuka penerimaan mahasiswa baru melalui Seleksi Mandiri Masuk Perguruan Tinggi Negeri Konsorsium Wilayah Barat 2024 ( SMMPTN-Barat 2024). 

Menurut Permendikbudristek Nomor 48 Tahun 2022 dan perubahan terakhir Permendikbudristek Nomor 62 Tahun 2023, disebutkan ada tiga jalur masuk penerimaan mahasiswa baru 2024 program diploma dan program sarjana pada perguruan tinggi negeri (PTN). 

Ketiganya adalah Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP), Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT), dan Seleksi Mandiri. Berdasarkan Permendikbud tersebut kegiatan SNBP dan SNBT dilaksanakan panitia SNPMB.

Baca juga : Sebanyak 120 Ribu Siswa Diterima di SNMPTN 2022

Sementara untuk jalur mandiri dapat dilaksanakan oleh PTN masing-masing atau melalui konsorsium PTN. Untuk perguruan tinggi wilayah Barat Indonesia seleksi mandiri dilaksanakan secara bersama dalam konsorsium Badan Kerja Sama PTN Wilayah Barat (BKSPTN Barat), yaitu disebut SMMPTN-Barat yang sudah berlangsung sejak 2017.

Untuk tahun 2024 ini PTN yang tergabung di dalam konsorsium BKS-PTN Barat berasal dari wilayah Sumatera, Jawa Bagian Barat, dan Kalimantan Tengah itu, baik PTN umum, PTN seni, dan PTN agama berjumlah 25 PTN

Adapun ke-25 PTN yang tergabung adalah : 

1. Universitas Syiah Kuala 

Baca juga : Dibuka, Pendaftaran Seleksi Masuk Politeknik Negeri

2. Universitas Sultan Ageng Tirtayasa 

3. Universitas Bengkulu 

4. Universitas Jambi 

Baca juga : Mau Daftar SNMPTN 2021? Ini Tahapannya

5. Institut Seni Indonesia Padangpanjang 

6. Universitas Palangka Raya 

7. Universitas Malikussaleh

Baca juga : Ada Jalur Mandiri Buat Kalangan Menengah ke Atas

8. Universitas Maritim Raja Ali Haji 

9. Universitas Bangka Belitung 

10. Universitas Teuku Umar 

Baca juga : Prodi Informatika dan Manajemen Paling Favorit

11. Institut Teknologi Sumatera 

12. Institut Seni Budaya Indonesia Aceh 

13. Universitas Samudra 

Baca juga : President University Beri Kesempatan Kuliah Dokter Spesialis Gratis di AS

14. Universitas Riau 

15. Universitas Siliwangi 

16. Universitas Sumatera Utara 

Baca juga : 16 Tokoh Bakal Calon Rektor UP 2024-2028 Siap Masuk Seleksi

17. Universitas Andalas 

18. Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau 

19. Universitas Islam Negeri Mahmud Yunus Batusangkar

Baca juga : UIC College Gandeng SIM Perluas Akses ke Universitas Bergengsi

20. Universitas Islam Negeri Syahada Padangsidempuan 

21. Institut Seni Budaya Indonesia Bandung 

22. Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jakarta 

Baca juga : Kajian Metabolomik Bisa Bantu Pengembangan Obat Herbal

23. Universitas Singaperbangsa Karawang 

24. UIN Imam Bonjol Padang 

25. Universitas Negeri Padang

Baca juga : The Gade Creative Lounge PT Pegadaian Jadi Wadah Kolaborasi Generasi Muda

 

Pendaftaran SMMPTN-Barat 2024 akan dibuka pada 4 Mei 2024 pukul 15.00 dan ditutup pada 20 Juni 2024. Setiap calon mahasiswa akan mendapatkan ID bayar jika telah melakukan pembayaran paling lambat 20 Juni 2024, pukul 16.00 WIB.

Batas akhir cetak kartu pada 21 Juni 2024 pukul 16.00 WIB. Untuk biaya registrasi masing-masing peserta sebesar Rp375.000. Biaya registrasi dilakukan secara online melalui bank mitra yang telah ditunjuk yaitu Bank Mandiri, Bank BNI, Bank BTN, dan Bank BSI. 

Baca juga : UMY Bidik 15 Besar Perguruan Tinggi di Indonesia, Family Day Milad Ke-43 Jadi Momentum Bersyukur

Adapun untuk jadwal ujian akan dilaksanakan sejak 27 Juni – 5 Juli 2024. Setiap calon peserta akan mendapatkan jadwal sesuai pusat UTBK yang dipilih. Setiap calon mahasiswa harus memilih satu prodi tempat ia mengikuti UTBK.

Ketua Badan Kerja Sama PTN Wilayah Barat (BKSPTN Barat) yang juga Rektor Universitas Sumatera Utara (USU) Muryanto Amin mengatakan, ada 25 PTN yang bisa dipilih calon mahasiswa di SMMPTN-Barat. Dia juga berharap para peserta nantinya bisa belajar dengan sungguh-sungguh untuk menghadapi tes SMMPTN-Barat sehingga bisa diterima di kampus pilihannya. 

"SMMPTN-Barat ini tujuannya memberikan kesempatan kepada adik-adik yang punya prestasi dan kemampuan juga komitmen yang kuat untuk belajar di PTN yang diimpikan," tuturnya, Jumat (8/3). 

Rektor Universitas Bangka Belitung yang saat ini menjabat sebagai Wakil Ketua SMMPTN-Barat 2024 Ibrahim mengatakan, peserta yang bisa mendaftar ialah alumni SMA yang belum lulus SNBP dan SNBT dan juga alumni SMA yang belum mempunyai akun SNPMB. 

"Ada lebih dari 750 prodi yang bisa dipilih oleh setiap calon mahasiswa dan mereka bisa memilih maksimal 4 prodi," ujarnya. Dia menambahkan, berbeda dengan sistem SNBT ketika memilih maksimal 4 prodi harus memiliki 2 prodi vokasi, untuk SMMPTN pilihan bisa bebas, tanpa batasan prodi akademik dan vokasi. Sistem seleksinya adalah Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) atau Computer Assisted Test (CAT) dengan penambahan penilaian untuk prodi seni dan olahraga yaitu portofolio berupa dokumen prestasi dan sertifikat selama menjadi siswa. "Keuntungan ikut SMMPTN-Barat ini ialah ngga harus mempunyai akun SNPMB, dan bisa memilih 4 prodi, serta juga bisa memilih PTN umum, PTN seni, dan PTN agama," ujarnya. (Z-8)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Putra Ananda

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat