visitaaponce.com

Penuhi Nutrisi Anak selama Ramadan, Hindari Makanan Ini

Penuhi Nutrisi Anak selama Ramadan, Hindari Makanan Ini
Ilustrasi(Women's Health)

Saat Ramadan, anak perlu disajikan makanan-makanan yang mengandung gizi dan protein hewani yang lengkap. Itu perlu dilakukan agar mereka tidak mengalami malnutrisi selama menjalani puasa sebulan penuh.

Ketua Pengurus Pusat Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) Piprim Basarah Yanuarso mengatakan menu-menu yang utama yang harus disediakan setiap hari adalah makanan tinggi nutrisi.

"Nutrisinya dari karbohidrat, protein hewani, lemak esensial, gizi, dan lemak hewani juga yang bisa berasal dari daging, telur, buah, sayur dan sebagainya. Itu nutrisi esensial yang diperlukan anak pada saat menjalankan puasa," kata Piprim melalui keterangan tertulis, Kamis (14/3).

Baca juga : Pastikan Asupan Cairan dan Nutrisi Terpenuhi Saat Anak Berpuasa

Ia pun mengimbau orangtua untuk tidak menyuguhkan makanan-makanan cepat saji kepada anak, baik saat berbuka maupun sahur. Ia menekankan bahwa junk food memiliki kalori tinggi tapi miskin nutrisi sehingga bisa menyebabkan diabetes.

Jika tidak ingin terlalu repot dalam menyiapkan hidangan berbuka atau sahur, orangtua cukup memasak makanan yang simpel seperti nasi, telur dadar, ayam goreng, dan aneka sayuran.

"Jika dari sahur sudah dikasih mi instan, kandungan dari mi instan itu karbohidrat, itu bikin massa gula naik cepat dan cepat turun. Saat turun itu lapar akan timbul lagi. Akhirnya jadi cepat lapar," tuturnya.

Beda halnya jika anak mengonsumsi nasi dengan telur dadar atau dengan ayam goreng. Rasa kenyang akan bertahan lama. (Z-11)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Andhika

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat