visitaaponce.com

FutureUSStudent Roadshow Jadi Pintu Masuk ke Pendidikan di AS

FutureUSStudent Roadshow Jadi Pintu Masuk ke Pendidikan di AS
FutureUSStudent Roadshow: University of Indonesia digelar di Auditorium Mochtar Riady, FISIP UI.(DOK USAID)

BADAN Pembangunan Internasional AS (USAID) Technical and Management Support untuk LPDP (USAID Teman LPDP) baru-baru ini menggelar acara FutureUSStudent Roadshow: University of Indonesia di Auditorium Mochtar Riady, FISIP UI. 

Tema acaranya ialah Brighten up your future in US dan dimaksudkan untuk mencerminkan visi yang kuat guna memberikan pencerahan dan arahan bagi para peserta mengenai peluang dan manfaat belajar di Amerika Serikat (AS).

Dalam acara tersebut, para peserta diajak untuk berani bermimpi tentang pendidikan di AS, sekaligus memperoleh wawasan praktis tentang bagaimana mewujudkan impian tersebut. 

Baca juga : Perayaan 40 Tahun IIEF: Hadir Memberi Arti, Apresiasi Bagi Alumni

Para pembicara yang berpengalaman memberikan insight yang berharga tentang tantangan dan manfaat yang dapat diperoleh dari pendidikan di AS, seperti Waitatiri, mahasiswa Indonesia yang mendapat beasiswa LPDP Kementerian Keuangan dan saat ini belajar di Harvard University. Kemudian juga ada Luz Brown, yang saat ini menjadi English Education Volunteer untuk Peace Corps Indonesia

Selain itu, diadakan pelatihan tentang cara menulis personal statement yang juga merupakan bagian penting dari acara ini. Personal statement merupakan salah satu elemen kunci dalam aplikasi untuk beasiswa, terutama LPDP

Wakil Dekan Sumber Daya, Ventura, dan Administrasi Umum Universitas Indonesia Dwi Ardhanariswari Sundrijo MA PhD dalam acara tersebut menyampaikan pentingnya diadakan acara ini untuk dapat sekolah di AS. 

Baca juga : Bantu Akses Pendidikan Tinggi, SFD Arie Wibowo Beri Beasiswa ke Warga Daerah Terpencil

“Kalau kita berbicara sekolah di AS, oke lah laboratorium terbesar sosial politik itu ada di Asia, tapi seluruh data yang ada di laboratorium diolah di AS dan Eropa," ucapnya.

Sementara Remy Rohadian, Chief of Party USAID Teman LPDP, membahas soal personal statement yang menurutnya merupakan kunci untuk mengungkapkan impian, motivasi, dan potensi diri.

"Dalam seleksi beasiswa LPDP dan kuliah di AS, personal statement menjadi jendela utama bagi kita untuk berbicara dengan suara kita sendiri, membuktikan komitmen, dan meyakinkan bahwa kita layak mendapatkan kesempatan yang kita dambakan," jelas dia. (Z-6)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Budi Ernanto

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat