visitaaponce.com

Siklon Tropis Megan Berpotensi Sebabkan Hujan di Sejumlah Wilayah

Siklon Tropis Megan Berpotensi Sebabkan Hujan di Sejumlah Wilayah
Ilustrasi.(Freepik)

ADAN Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memantau ada dua siklon tropis yang berpengaruh pada cuaca di sejumlah wilayah Indonesia. Pertama, Siklon Tropis Megan di Teluk Carpentaria dengan kecepatan angin maksimum 60 knots dan tekanan udara minimum 978 hPa bergerak ke arah selatan-barat daya.

"Diperkirakan kecepatan angin maksimum siklon tropis megan akan meningkat dalam 24 jam ke depan ke kategori tiga. Siklon tropis megan berkerak ke arah selatan-barat daya menjauhi Indonesia," ungkap BMKG, Minggu (17/3).

Adapun, siklon tropis megan akan berdampak secara tidak langsung terhadap cuaca di sejumlah wilayah. Di antaranya hujan sedang hinggal lebat di wilayah Jawa Timur, Bali, NTT, Maluku dan Papua. Selain itu, angin kencang 25 knots akan ada di wilayah Jawa Timur, Bali, Maluku, dan Papua.

Baca juga : Hujan Lebat Guyur Sejumlah Wilayah di NTT, Waspada Bencana Hidrometeorologi

Kedua, bibit siklon tropis 91S terpantau di Samudra Hindia bagian tenggara, selatan Bali, dengan kecepatan angin maksimum 25-30 knots dan tekanan udara minimum 1000 hPa bergerak ke arah barat-barat laut.

"Bibit siklon 91S untuk menjadi siklon tropis dalam waktu 24 jam ke depan pada kategori rendah dan bergerak ke arah barat-barat daya," ucapnya.

Bibit siklon tripis akan berdampak pada gelombang laut tinggi 1,25 sampai 2,5 meter di sejumlah perairan. Di antaranya perairan barat Lampung, Selatan Sunda, perairan utara Pulau Jawa tengah hingga Jawa Timur, laut Bali, laut Sumbawa, hingga laut Flores.

"Hati-hati beraktivitas di luar rumah dan selalu perbaharui informasi terkait cuaca, iklim, kualitas udara, gempa bumi, tsunami selengkapnya dapat diakses di www.bmkg.go.id atau di aplikasi info BMKG," pungkas BMKG. (Z-2)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Wisnu

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat