visitaaponce.com

Muhammadiyah Idulfitri Jatuh di 10 April, Ditetapkan Tanpa Dissenting Opinion

Muhammadiyah: Idulfitri Jatuh di 10 April, Ditetapkan Tanpa Dissenting Opinion
Ketua Umum PP Muhammadiyah Haedar Nasir.(Dok. MI/Susanto)

PP Muhammadiyah telah menetapkan 1 Syawal 1445 Hijriah atau Idulfitri 2024 akan jatuh pada Rabu, 10 April 2024.

"(Penetapan itu) tanpa dissenting opinion (di Muhammadiyah) dan tidak perlu dibawa ke MK," papar Ketua Umum PP Muhammadiyah, Haedar Nashir kepada awak media, Sabtu (6/4), di Gedung PP Muhammadiyah, Yogyakarta.

Pihaknya juga mengajak semua pihak menghormati keputusan yang akan diumumkan pemerintah terkait 1 Syawal 1445 Hijiriah. Namun, ia memperkirakan, pemerintah akan menetapkan 1 Syawal 1445 Hijriah jatuh pada 10 April 2024.

Baca juga : Lokasi Salat Idul Fitri Jumat, 21 April 2023 di Bogor, Tangerang, Bekasi. Cek di Sini!

"(Masyarakat) jangan bingung puasa (Muhammadiyah dengan yang ditetapkan pemerintah) beda, tetapi Idulfitri-nya sama," kata dia.

Haedar pun mengatakan harapannya, dengan rendah hati, umat Islam bukan hanya di indonesia tetapi seluruh dunia mengarah pada kalender Islam tunggal Global. Dengan demikian, kalender tersebut berlaku di semua negara.

"Kami percaya, kalau berbasis dasar Islam dan ilmu pengetahuan paling berkepastian, ke depan akan ada satu kalender Islam tunggal global," kata dia.

Dalam kesempatan itu, Haedar juga menyampaikan, Ramadhan bisa meningkatkan kualitas kepribadian yang bertakwa, kesalehan pribadi, keluarga, bangsa dan negara, bahkan antarbangsa.

(Z-9)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Putri Rosmalia

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat