visitaaponce.com

Unpad dan UGM Maju di Kompetisi Keuangan Level Regional

Unpad dan UGM Maju di Kompetisi Keuangan Level Regional
Ilustrasi.(Freepik)

MAHASISWA dari Universitas Padjadjaran (Unpad) yang tergabung dalam tim Fantastic Six berhasil membawa kemenangan sebagai juara pertama di ajang The Institute of Chartered Accountants in England and Wales (ICAEW) Indonesia Business Challenge (IBC) 2024. Tim tersebut berhasil memberikan pemaparan solusi paling realistis sesuai dengan kondisi kerja di sektor keuangan dari studi kasus yang ada. Tim Six Sigma dari Universitas Gadjah Mada (UGM) berhasil meraih juara kedua. Maria L. Sampoerno dari tim Winter Universitas Indonesia diganjar penghargaan sebagai pembawa materi presentasi terbaik.

IBC 2024 menawarkan kesempatan besar bagi mahasiswa terbaik di Indonesia untuk menunjukkan bakat terbaik di sektor keuangan. Ajang kompetisi bisnis unggulan IBC yang berlangsung lima kali ini secara eksklusif terbuka untuk mahasiswa di perguruan tinggi di Indonesia dan dirancang untuk menampilkan bakat dan pemikiran inovatif para pemimpin bisnis masa depan Indonesia melalui ketajaman analisisnya di sektor keuangan.

Kompetisi bisnis yang digelar awal Maret lalu itu diikuti 28 tim dari 18 universitas di Indonesia dengan masing-masing beranggotakan enam orang. Sebanyak 28 tim ini bersaing memperebutkan hadiah menarik di kompetisi tingkat nasional dengan dua tim yang meraih juara pertama dan kedua serta satu pembicara terbaik maju ke babak grand final regional, yaitu ICAEW Mainland China and South-East Asia Business Challenge 2024 yang akan berlangsung di Jakarta pada 11 Mei 2024. 

Baca juga : MA Lepas Delegasi Indonesia untuk Kompetisi Philip C. Jessup 2023 

Sebelumnya di 2023, perwakilan Indonesia berhasil mengukir prestasi gemilang dengan meraih titel Grand Champion di ajang grand final regional ICAEW 2023 tersebut dan mengalahkan tim-tim perwakilan dari negara lain. "Kompetisi ini bukan hanya ajang untuk menunjukkan kecerdasan akademik, tetapi juga kesempatan membuktikan kemampuan pemecahan masalah, inovasi, dan kemampuan berkomunikasi secara efektif yang menjadi kualitas utama seorang chartered accountant. Hal ini selaras dengan visi kami di ICAEW untuk mempersiapkan para pemimpin masa depan yang siap menghadapi tantangan global dalam dunia bisnis," ujar Conny Siahaan, ICAEW Head of Indonesia, dalam keterangan tertulis, Rabu (17/4).

IBC 2024 juga diikuti oleh beberapa universitas yang belum pernah berpartisipasi di ICAEW Indonesia Business Challenge. Dalam proses seleksi, IBC 2024 mengangkat beberapa tema aktual dalam dunia bisnis, seperti digitalisasi, teknologi baru, berkelanjutan, telah diintegrasikan ke dalam kasus yang harus diselesaikan oleh peserta, sehingga peserta dapat mengaplikasikan pengetahuan akademis mereka dalam situasi yang realistis. Hal ini sesuai dengan perubahan tren dalam profesi keuangan saat seorang akuntan tidak hanya dituntut untuk mengolah angka, tetapi juga menjadi pemimpin yang mampu mengomunikasikan ide dan solusi secara efektif kepada pemangku kepentingan.

Perwakilan juri ICAEW IBC 2024, Andy Tjia, menyebutkan bahwa kerja sama tim merupakan salah satu aspek yang diperhatikan oleh para dewan juri dalam memilih pemenang. "Dalam situasi dunia kerja, kerja sama ialah kunci utama dalam menyelesaikan masalah. Jadi kami mau lihat bagaimana mereka bisa bekerja sama. Selain itu, dari masa pendidikan berpindah memasuki dunia kerja itu kan sangat berbeda. Di dunia kerja, kita harus bisa problem solving isunya dan memberikan solusi yang jelas. Kami para juri melihat dua tim yang dipilih sebagai pemenang memiliki hal itu. Mereka memiliki kerja sama tim, pemahaman akan studi kasus bisnis, dan memiliki pengetahuan teknikal yang baik." (Z-2)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Wisnu

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat