visitaaponce.com

Cara Menulis Salawat Allahumma Sholli Ala Sayyidina Muhammad Beserta Artinya

Cara Menulis Salawat Allahumma Sholli Ala Sayyidina Muhammad Beserta Artinya
Cara menulis allahumma sholli ala sayyidina muhammad bahasa arab yang benar(Ilustrasi)

SALAWAT Allahumma sholli ala Sayyidina Muhammad bisa diamalkan kapanpun dan di manapun. Salawat merupakan doa kepada Allah SWT untuk Nabi Muhammad SAW beserta keluarga dan para sahabatnya. Sebab itu, salawat menjadi amalan yang dianjurkan karena memiliki banyak keutamaan dan berisi pujian kepada Nabi Muhammad SAW, termasuk salawat Allahumma sholli ala Sayyidina Muhammad. 

Tak hanya itu, Allah SWT pun menjanjikan pahala besar bagi umat muslim yang rajin bersalawat. Berikut keutamaan, tulisan salawat Allahumma sholli ‘ala Sayyidina Muhammad, latin, dan artinya, serta macam-macam bacaan salawat Nabi, Allahumma sholli ‘ala Sayyidina Muhammad.

Perintah untuk bersalawat kepada nabi tertuang dalam Al Quran Surat Al Ahzab:33/56

Baca juga : Enam Keutamaan Lailatulkadar, Waktu Terjadi, Tanda, dan Ibadahnya

إِنَّ ٱللَّهَ وَمَلَٰٓئِكَتَهُۥ يُصَلُّونَ عَلَى ٱلنَّبِىِّ ۚ يَٰٓأَيُّهَا ٱلَّذِينَ ءَامَنُوا۟ صَلُّوا۟ عَلَيْهِ وَسَلِّمُوا۟ تَسْلِيمً

Artinya, “Sesungguhnya Allah dan malaikat-malaikat-Nya bersholawat untuk Nabi. Hai orang-orang yang beriman, bersholawatlah kamu untuk Nabi dan ucapkanlah salam penghormatan kepadanya.”

Selain itu, Nabi Muhammad Saw juga menganjurkan untuk bersalawat, seperti yang tertuang dalam hadis berikut:

 عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ عَنْ النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ : صَلُّوا عَلَيَّ فَإِنَّهَا زَكَاةٌ لَكُمْ وَاسْأَلُوا اللهَ لِي الْوَسِيلَةَ فَإِنَّهَا دَرَجَةٌ فِي أَعَلَى الْجَنَّةِ لَا يَنَالُهَا إِلَّا رَجُلٌ وَأَرْجُو أَنْ أَكُونَ أَنَاهُوَ

Artinya, “Bersholawatlah kalian kepadaku, karena sholawatmu itu menjadi pembersih dosa bagimu dan mohonlah kepada Allah wasilah untukku, karena itu adalah derajat di surga yang paling tinggi yang tidak akan bisa didapat kecuali oleh satu orang saja, dan aku berharap bahwa orang itu adalah aku,” (H.R Ahmad).

Baca juga : Doa Ziarah Kubur untuk Seluruh Keturunan Nabi Adam


Keutamaan yang didapatkan ketika membaca salawat nabi:

1. Dihapus dosa sekaligus diangkat derajatnya oleh Allah SWT

 مَنْ صَلَّى عَلَىَّ صَلاَةً وَاحِدَةً صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ عَشْرَ صَلَوَاتٍ وَحُطَّتْ عَنْهُ عَشْرُ خَطِيئَاتٍ وَرُفِعَتْ لَهُ عَشْرُ دَرَجَاتٍ 

“Barangsiapa bershalawat kepadaku satu kali, niscaya Allah bershalawat kepadanya sepuluh shalawat, menghapus darinya sepuluh dosa dan mengangkat derajatnya sepuluh derajat,” (HR. An Nasa’i). 

2. Mendapatkan syafaat di hari kiamat

عَنْ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ مَسْعُودٍ؛ أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ: "أَوْلَى النَّاسِ بِي يَوْمَ الْقِيَامَةِ أَكْثَرُهُمْ عَلَيَّ صَلَاةً

Dari Abdullah ibnu Mas’ud, Rasulullah saw. pernah berkata: “Orang yang paling berhak mendapat syafaatku kelak di hari kiamat adalah orang yang paling banyak membaca shalawat untukku.”

Dalam sebuah hadits, Rasulullah SAW bersabda:

Baca juga : Tiga Doa Menggapai Ramadan agar Ibadah Diterima

"Siapa yang bershalawat untukku pada waktu pagi sepuluh kali dan pada waktu sore sepuluh kali, dia akan mendapat syafaatku pada hari kiamat," (HR.Thabrani dari Abu Darda).

3. Terbebas dari api neraka

Kitab Imam As Suyuthi menjelaskan apabila seseorang bersalawat 100 kali, maka Allah akan bersalawat 1.000 kali. Hal tersebut berdasar pada hadis riwayat Muslim.

مَنْ صَلَّى عَلَىَّ وَاحِدَةً صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ عَشْرًا

Artinya, “Siapa saja yang bershalawat kepadaku sekali, niscaya Allah bershalawat kepadanya sepuluh kali,” (HR. Muslim).

Baca juga : Delapan Sunah Rasulullah SAW saat Mau Tidur

100 kali salawat, akan menjadi jaminan bahwa orang yang bersalawat 100 kali tidak akan pernah menyentuh api neraka. 


Tulisan Allahumma sholli ‘ala sayyidina muhammad

اَللّـٰـهُمَّ صَلِّ عَلٰى سَـيَّدِنَا مُحَمَّدٍ

Bacaan Latin: 

Allahumma sholli ‘ala sayyidina Muhammad

Artinya: "Ya Allah, limpahkanlah shalawat kepada nabi kita Muhammad."


Macam-macam Bacaan Salawat Allahumma sholli ‘ala sayyidina Muhammad

1. Salawat Asyghil

Salawat asyghil merupakan doa untuk nabi Muhammad SAW dan sebuah doa permohonan untuk dijauhkan dari orang-orang yang zalim.

اللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَأَشْغِلِ الظَّالِمِيْنَ بِالظَّالِمِيْنَ وَأَخْرِجْنَا مِنْ بَيْنِهِمْ سَالِمِيْنَ وَعَلَى الِهِ وَصَحْبِهِ أَجْمَعِيْنَ

Bacaan latin: 

Allahumma sholli 'ala Sayyidina Muhammad, wa Asyghilizh-zhoolimiina bizh-zhoolimiin,

wa akhrijnaa mim bainihim saalimiin,

wa 'ala Aalihi wa Shohbihi ajma'iin.

Artinya: “Ya Allah, limpahkanlah sholawat kepada junjungan kami Nabi Muhammad, dan sibukkanlah orang-orang zalim dengan orang-orang zalim lainnya, dan keluarkanlah kami dari golongan orang-orang zalim dengan keselamatan, dan limpahkan pula rahmat serta salam kesejahteraan kepada seluruh keluarga dan sahabat Nabi semuanya.”

2. Salawat Fatih

Salawat ini merupakan doa sebagai penghapus dosa sekaligus membuka pintu arsy (surga).

اللَّهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ وَبَارِكْ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ الفَاتِحِ لِمَا أُغْلِقَ وَالخَاتِمِ لِمَا سَبَقَ وَالنَّاصِرِ الحَقَّ بِالحَقِّ

وَالهَادِي اِلَى صِرَاطٍ مُسْتَقِيْمٍ. صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَعَلَى اَلِهِ وَأَصْحَابِهَ حَقَّ قَدْرِهِ وَمِقْدَارِهِ العَظِيْمِ

Bacaan latin:

Allahumma sholli ala sayyidina muhammaddinil fatihi lima ughliqo wal khotimi lima sabaqo, nashiril haqqi bil haqqi wal hadi ila shirotikal mustaqim wa ala alihi haqqo qodrihi wa miq darihil adzim.

Artinya: "Ya Allah, limpahkanlah salawat, salam, dan keberkahan kepada junjungan kami, Nabi Agung Sayyidina Muhammad SAW. Pembuka apa yang terkunci, penutup apa yang telah lalu, pembela yang hak dengan yang hak, dan petunjuk kepada jalan yang lurus. Semoga Allah melimpahkan sholawat kepadanya, keluarga dan para sahabatnya dengan hak derajat dan kedudukannya yang agung.”

3. Salawat syifa

Salawat syifa merupakan bacaan yang menjadi penyembuh dari segala penyakit, termasuk penyakit hati. 

أَللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ طِبِّ الْقُلُوْبِ وَدَوَائِهَا وَعَافِيَةِ الأَبْدَانِ وَشِفَائِهَا وَنُوْرِ الأَبْصَارِ وَضِيَائِهَا وَعَلَى آَلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلِّمْ

Bacaan latin:

Allohumm sholli 'ala sayyidina Muhammadin, tibbil quluubi wa dawaa-iha, wa 'aafiyatil abdaani wa syifa-iha, wa nuuril abshoori wa dliyaa-iha, wa 'ala aalihi wa shahbihi wa sallim.

Artinya: “Ya Allah, limpahkanlah rahmat atas baginda kami Nabi Muhammad SAW yang mencintai dan dicintai Allah, yang menghilangkan segala penyakit dan menghilangkan segala kesempitan (kesusahan).”  (Z-10)

Sumber:

  • NU Online, “Sholawat dan Salam Nabi Muhammad SAW”.
  • Islami.co “Tulisan Arab Allahumma sholli ‘ala sayyidina Muhammad.”


Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Gana Buana

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat