visitaaponce.com

Rekomendasi 4 Obat Luka Pengidap Diabetes

Rekomendasi 4 Obat Luka Pengidap Diabetes
Ilustrasi.(Freepik)

LUKA diabetes disebabkan oleh infeksi atau kerusakan jaringan pada kaki orang yang menderita diabetes. Apabila luka tersebut dibiarkan tanpa perawatan, bakteri terus menyerang bahkan tak kunjung sembuh dan berujung amputasi. 

Dalam upaya memberikan solusi yang lebih efektif dalam merawat luka diabetes, berikut rekomendasi empat obat terkini yang diakui efektif dalam merawat luka bagi pengidap diabetes.

1. Metcovazin Salep, green 25 g.

Baca juga :  Mengenal dan Memahami Lima Cara Merawat Luka Diabetes

Dok halodoc.

Alasan penggunaan salep kulit ini ialah kandungannya yang terbukti efektif dalam menjaga kelembapan dan membantu penyembuhan luka, termasuk luka diabetik dan jenis luka lain. Salep ini mengandung bahan aktif chitosan dan zinc oxide yang dapat mempertahankan kelembapan pada luka, menciptakan lingkungan optimal untuk penyembuhan luka yang lembab (moist wound healing). 

Baca juga : Jamu dan Obat Herbal yang Mengandung Steroid bisa Picu Diabetes

Selain itu, salep ini dapat mempercepat proses granulasi pada luka, mengurangi bau tidak sedap, dan mencegah pendarahan saat mengganti balutan. Untuk mendapatkan manfaat dari salep ini, penggunaannya cukup mudah, yaitu mengusapkannya secara merata pada bagian tubuh yang membutuhkan perawatan. 

Meskipun memberikan manfaat signifikan dalam perawatan luka, harga salep ini cukup terjangkau sekitar Rp89.500 per tube. Dengan demikian, salep ini menjadi pilihan yang baik bagi pengidap diabetes yang membutuhkan perawatan luka yang efektif tetapi terjangkau secara finansial.

2. Oxoferin Solution 30 ml.

Baca juga : Air Kelapa Dapat Berbahaya jika Dikonsumsi Orang dengan Kondisi Tertentu 

Dok halodoc.

Obat luka diabetes berikut bernama oxoferin solution. Ini merupakan larutan yang memiliki kandungan kompleks senyawa oksigen yang dikenal sebagai chlor-(IV)-oxide oxygen complex. Senyawa ini memiliki kemampuan untuk merangsang fagositosis dan membersihkan luka secara efektif.

Oxoferin Solution 30 ml digunakan untuk mengatasi berbagai kondisi, mulai dari mikroangiopati yang disebabkan oleh diabetes atau kelainan lain, penyembuhan luka yang lambat akibat trauma atau operasi, hingga ulkus kaki kronis pada insufisiensi vena. Penting untuk diingat bahwa penggunaan obat ini harus sesuai dengan resep dan petunjuk dokter.

Baca juga : Warga Diminta Waspadai Kambuhnya Penyakit Kronis di Pekan Pertama Lebaran

Cara penggunaan obat luka diabetes ini sangatlah mudah. Berikut aturan pakai dan dosisnya.

1. Teteskan pada area luka atau infeksi. Pastikan area sekitar luka telah dibersihkan dari obat-obatan sebelumnya.

2. Dosisnya 2 kali sehari pada luka sebanyak @ 5-10 ml atau sesuai dengan petunjuk dokter.

3. Penting untuk dicatat bahwa penggunaan obat ini tidak dianjurkan lebih dari 6 minggu.

Harga oxoferin solution berkisar sekitar Rp99.600 per botol, sehingga dapat diakses dengan harga yang relatif terjangkau untuk pengidap diabetes yang membutuhkan perawatan luka.

3. Duoderm Hydroactive Gel 30 g.

Dok halodoc.

Selain produk yang disebutkan sebelumnya, Duoderm Hydroactive Gel 30 g juga dapat digunakan sebagai obat untuk luka diabetes. Produk ini bertujuan mempercepat proses penyembuhan luka serta mampu melembutkan bekas luka yang mengering sehingga luka dapat sembuh dengan cepat. 

Penggunaannya juga sangat praktis, hanya dengan mengoleskan gel pada kulit yang luka. Harga untuk Duoderm Hydroactive Gel 30 g berkisar sekitar Rp145.700 per tube, membuatnya menjadi pilihan yang terjangkau untuk pengidap diabetes yang membutuhkan perawatan luka yang efektif.

4. Star AG Gel 50 g.

Dok halodoc.

Gel ini mengandung colloidal silver yang bertujuan merawat berbagai jenis luka, baik yang bersifat akut maupun kronik. Star AG dapat dioleskan pada luka seperti pressure ulcer, venous ulcers, ulkus diabetik, lesi pada kulit, luka bakar derajat satu dan dua, luka donor, dan luka pascaoperasi.

Penggunaan obat luka diabetes ini juga cukup praktis. Aturan pakai dan dosis sebagai berikut.

1. Bersihkan luka dengan teliti sebelum penggunaan.

2. Oleskan gel dengan ketebalan 1/4 dari luka dangkal atau mengisi luka yang dalam.

3. Tutup luka dengan balutan yang sesuai, seperti gauze, foam, atau film hidrokoloid, yang disesuaikan dengan drainase luka.

4. Untuk membersihkan sisa Star Ag dari area luka, lepaskan balutan luka dan cuci luka dengan larutan irigasi. Kemudian, lanjutkan dengan membersihkan luka untuk menghilangkan drainase luka atau sisa dari Star Ag.

Rentang harga gel Star AG berkisar antara Rp268.500 hingga Rp336.100 per tube. Ini menjadikannya pilihan yang terjangkau untuk pengidap diabetes yang membutuhkan perawatan luka yang efektif. (Z-2)

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Wisnu

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat