visitaaponce.com

Jarak Hotel Jemaah Haji Indonesia dan Masjid Nabawi 150-400 Meter

Jarak Hotel Jemaah Haji Indonesia dan Masjid Nabawi 150-400 Meter
Seorang umat Muslim membaca Al-Quran di Al-Masjid an-Nabawi (Masjid Nabawi) di kota suci Madinah, Arab Saudi, pada 4 April 2024.(AFP/Abdel Ghani Bashir)

SEBANYAK 90.000 jemaah haji asal Indonesia gelombang pertama akan segera berangkat ke tanah suci. Pendaratan pertama rombongan jemaah haji di Madinah pada Minggu (12/5).

Kepala Daerah Kerja Madinah, PPIH Arab Saudi, Ali Machzumi, mengatakan sebanyak 18 kloter rombongan jemaah haji akan mendarat di Bandara Amir Muhammad bin Abdul Aziz (AMAA) Madinah sekitar pukul 07.10. PPIH telah menyiapkan 147 hotel bintang 3-5 untuk para jemaah haji Indonesia selama di Madinah.

Menurut Ali Machzumi, hotel yang disiapkan untuk jemaah haji Indonesia hanya berjarak 150 meter serta paling jauh 400 meter dari Masjid Nabawi. Penempatan akomodasi jemaah haji Indonesia di Madinah berada pada wilayah Markaziyah Syimaliyah, Markaziyah Gharbiyah, dan Markaziyah Janubiyah.

Baca juga : Insiden Jemaah Haji Pindah Hotel di Madinah, Ini Biang Keroknya

Selain transportasi dan konsumsi, layanan lain yang diberikan kepada jamaah calon haji (calhaj) Indonesia selama di Madinah adalah layanan hotel. "Petugas kita sudah menuju ke Madinah, akan siap untuk melayani jemaah haji yang landing pada 12 Mei 2024," kata Ali Machzumi.

Sebelumnya Dirjen PHU Kementerian Agama Prof Hilman Lathief mengatakan petugas haji PPIH Saudi sudah mengecek hotel. Semua sudah dicek hotel-hotel yang rencananya ditempati jamaah haji Indonesia selama di Madinah.

Selain itu, layanan konsumsi sudah disiapkan menyambut kedatangan jemaah haji. Petugas, kata Hilman, melakukan pengecekan terhadap beberapa dapur yang akan melayani jemaah haji dan kesiapan semuanya, baik tenaga kerja termasuk bahan-bahan masak.

"Untuk kloter yang akan terbang dari Indonesia tanggal 12 Mei, setelah kita cek tadi rapat, alhamdulillah memang gelombang pertama ini semua jemaah haji akan landing di Madinah," kata Hilman. (Z-2)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Wisnu

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat