visitaaponce.com

Kedatangan Jemaah Haji Indonesia Disambut Spesial

Kedatangan Jemaah Haji Indonesia Disambut Spesial
Jemaah haji kloter pertama dapat sambutan spesial(MI/Denny Susanto Ainan)

KEDATANGAN 393 jemaah haji Indonesia kelompok terbang (kloter) pertama di Taba Abraj Towers, Madinah, pada Minggu (12/5) mendapat sambutan spesial dari Petugas Penyelengara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi Daker Madinah dan pihak masyariq. 

PPIH Arab Saudi telah menyiapkan segala keperluan untuk melayani JCH di hotel tersebut. Di Taba Towers Hotel ini jumlah jamaah yang masuk sebanyak 833 orang dari embarkasi JKG 01.

Sejumlah fasilitas disiapkan seperti kursi roda untuk melayani jamaah berusia lanjut atau lansia, disabilitas atau yang kelelahan. Petugas kamar juga siaga menyiapkan kamar hotel agar ketika para jamaah datang dapat langsung beristirahat.

Baca juga : 149 Kloter Haji Telah Tiba di Tanah Air hingga 12 Juli 2023

Setiap jamaah yang turun dari bus mendapat untaian bunga dari pihak masyariq dan PPIH. Mereka juga mendapatkan bingkisan berisi Alquran, sajadah dan tasbih yang akan diberikan secara cuma-cuma pada sejumlah jamaah. Lantunan solawat kepada Rasulullah dengan diiringi musik rebana juga ikut memeriahkan penyambutan para jemaah.

Kecuali itu juga pihak hotel menyiapkan aneka makanan dan minuman hingga coklat untuk disuguhkan kepada jamaah calonn haji Indonesia. 

Kepala Daker Madinah Ali Machzumi mengatakan jemaah dibawa dari Bandara Amir Muhammad bin Abdul Azi (Amma) ke Taba Abraj Tower dengan menggunakan 9 bus.

Baca juga : Petugas Siapkan Ribuan Dokumen Kepulangan Jemaah Haji dari Madinah

"Jemaah sudah masuk ke kamar masing-masing untuk istirahat, sekaligus saat kedatangan jamaah akan mendapat makan selamat datang. Dan setelah ini jemaah akan beraktivitas selama Madinah. Nanti siang akan shalat di Masjid Nabawi dan berziarah ke makam Rasulullah," ujar Ali Machzumi.

Sebagai informasi jarak pemondokan jemaah dengan Masjid Nabawi hanya 150 meter. Dengan demikian jemaah cukup berjalan kaki menuju masjid tersebut.

Total jemaah yang tiba hari ini di Madinah sebanyak 7200 orang yang akan diterbangkan dalam 18 kelompok terbang (kloter). Sementara itu total jemaah haji gelombang 1 berjumlah 90 orang yang akan ditempatkan di lima sektor di Madinah. Mereka akan menempati 106 pemondokan atau hotel. 

"Alhamdulillah perjalanan lancar. Saya sangat senang bisa tiba di Madinah dengan selamat," ujar Haji Habib seorang jemaah asal Cengkareng, Jakarta Barat. (Z-10)

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Gana Buana

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat