visitaaponce.com

Tiba di Mekkah, Jemaah Haji dari Madinah Disambut Meriah

Tiba di Mekkah, Jemaah Haji dari Madinah Disambut Meriah
Umat Islam menghadap ka'bah seusai melaksanakan tawaf di Masjidil Haram, Makkah, Arab Saudi, Minggu (19/5).(ANTARA/SIGID KURNIAWAN)

SEKITAR 300-an jemaah haji Indonesia Kloter JKG 1 tiba di Hotel 201 Al Ghaader, Mekkah sekitar pukul 11.30 waktu setenpat. Sepuluh bus yang mengangkut jemaah dari Madinah akan datang secara bertahap. Kedatangan jemaah disambut sangat meriah.

Selain hotel didekorasi, sejumlah hadiah sudah dsiapkan pihak hotel bagi para jemaah haji Indonesia. Selain air zam zam, jemaah juga diberi sekuntum bunga, cokelat, permen, kue, dan juga kipas.

Jemaah haji lansia yang tidak kuat berjalan, mengggunakan kursi roda dan diantar petugas ke kamarnya masing-masing.

Baca juga : 170 Hotel di Mekah untuk Sambut Jemaah Haji

Entam Surtamah (66) jemaah haji asal Cianjur ini mengaku sangat terharu dengan penyambutan petugas dan pihak hotel yang sangat luar biasa.

"Saya sangat senang sekali akhirnya berada di tanah suci dengan penyambutan yang luar biasa. Mulai dari bis hingga tiba di hotel, semua luar biasa,” ujarnya.

Sementara itu Konjen RI di Jeddah Yusron B Ambary yang ikut menyambut para jemaah mengimbau para jemaah menjaga stamina karena puncak haji masih lama.

Baca juga : Jemaah Haji Gelombang 2 Diimbau Pakai Ihram dari Embarkasi

"Selamat datang di kota suci Mekkah, waktu penyelenggaraan haji masih lama, jaga stasmina siapkan energi dengan baik,” ujar Yusron.

Ia meminta para jemaah untuk mentaati ketentuan yang berlaku di antaranya jangan mengambil foto di sekitar Masjidil Haram, jangan membentangkan spanduk, dan juga jangan bergerombol. “Patuhi kalau tidak ditangkap askar,” tegasnya.

Para jemaah haji yang sudah mengambil miqat di Bir Ali ini akan beristirahat di hotel beberapa jam, sebelum akhirnya melaksanakan umrah wajib.

Rencananya nanti malam akan ada 7 kloter lagi jemaah haji yang akan tiba di Mekkah. Hari ini tercatat 3.425 jemaah dari Madinah yang akan tiba di Mekkah.

Sementara itu hotel yang disediakan di Makkah berjumlah 170 hotel yang tersebar di lima wilayah, yaitu: Syisyah, Raudhah, Jarwal, Misfalah, dan juga Ray Bakhs. (Z-6)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Budi Ernanto

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat