visitaaponce.com

Prakiraan Cuaca Rabu 29 Mei 2024, Cerah Berawan hingga Hujan Ringan Melanda Sejumlah Kota Besar

Prakiraan Cuaca Rabu 29 Mei 2024, Cerah Berawan hingga Hujan Ringan Melanda Sejumlah Kota Besar
Prakiraan cuaca Rabu 28 Mei 2024(Ilustrasi)

BADAN Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) merilis prakiraan cuaca hari ini Rabu (29/5). Terpantau adanya sirkulasi siklonik di wilayah Selat Makassar, berikut informasinya.

Daerah kecepatan angin (konvergensi) terpantau di wilayah Kalimantan Timur bagian utara,  pesisir timur Kalimantan Utara, kemudian wilayah perairan barat Lampung hingga Sumatera Barat, pesisir selatan Jawa Timur, dan pesisir utara Banten, pesisir Kalimantan, Laut Banda, dan Laut Araful dari Papua tengah hingga Papua barat.

Sementara itu, daerah konfluensi juga terpantau di Laut Banda, Laut Halmahera, Laut Flores, Laut Cina Selatan, dan Samudera Hindia Selatan mulai dari Nusa Tenggara Timur hingga Banten. Keadaan ini dapat meningkatkan kemungkinan tumbuhnya awan hujan di sekitar wilayah konvergensi dan konfluensi sirkulasi siklon.

Baca juga : Prakiraan Cuaca Jumat 24 Mei 2024, Hujan Disertai Petir Melanda Sebagian Wilayah

Lebih lanjut, prakiraan angin permukaan di Indonesia umumnya didominasi oleh angin timur dengan kecepatan 10 hingga 50 km/jam. Suhu biasanya berkisar antara 20 hingga 40 derajat Celcius dan kelembapan 55 hingga 100 persen.

Prakiraan tinggi gelombang laut di Indonesia secara umum sangat baik, berkisar antara 0,5 hingga 2,5 meter. Perlu diwaspadai bahwa gelombang tinggi sekitar 2,5 hingga 4 meter mungkin saja terjadi di Samudera Hindia bagian barat Sumatera dan bagian selatan Nusa Tenggara Barat.

Perlu diwaspadai juga banjir rob mungkin terjadi di wilayah pesisir Kepulauan Riau, pesisir utara Jakarta, dan pesisir utara Jawa Tengah.

Baca juga : Prakiraan Cuaca: Hujan dan Angin di Sejumlah Kawasan Indonesia

Berikut Prakiraan Cuaca di Kota Besar Wilayah Indonesia

1. Pulau Sumatera

Secara umum, cuaca besok diprakirakan berawan di wilayah Banda Aceh, dan hujan ringan di wilayah kota Pekanbaru, Padang, dan Tanjung Pinang. Sementara hujan sedang berpeluang terjadi di Kota Medan.
Sedangakan cuaca di Palembang, Bandar Lampung, dan Pangkal Pinang umumnya berawan hingga berawan tebal. Namun hujan ringan kemungkinan masih akan terjadi di Kota Bengkulu dan waspadai risiko terjadinya hujat petir di wilayah Kota Jambi.

2. Pulau Jawa

Cuaca di kota Surabaya sebagian besar cerah berawan, dan sebagian besar berawan di kota Semarang, Yogyakarta, Bandung, Jakarta, dan Serang.

Baca juga : BMKG: Waspada Potensi Hujan Lebat Disertai Angin Kencang dan Petir Sepekan ke Depan

3. Bali dan Nusa Tenggara 

Kota Denpasar diprakirakan berawan. Sementara hujan ringan masih mungkin terjadi di Kota Mataram dan Kupang.

4. Pulau Kalimantan

Secara umum cuaca di Kota Pontianak diprakirakan berawan dan cuaca berkabut diprakirakan terjadi di  Tanjung Selor, sedangkan hujan ringan masih mungkin terjadi di Kota Samarinda, Palangkaraya, dan Banjarmasin.

5. Sulawesi 

Hujan ringan berpotensi terjadi di Kota Manado, Palu, Kendari, dan Makassar. Sementara di Mamuju, diprakirakan akan terjadi hujan sedang, dan perlu diwaspadai karena ada kemungkinan terjadi hujan petir dan kilat di wilayah Gorontalo.

6. Wilayah Indonesia Timur

Kota Ambon cuaca sebagian besar berawan, sedangkan Manokwari dan Ternate berpotensi hujan ringan dan hujan sedang berpotensi terjadi di wilayah Jayapura. (Z-10)

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Gana Buana

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat