visitaaponce.com

Prakiraan Cuaca Jumat 24 Mei 2024, Hujan Disertai Petir Melanda Sebagian Wilayah

Prakiraan Cuaca Jumat 24 Mei 2024, Hujan Disertai Petir Melanda Sebagian Wilayah
Prakiraan cuara hari ini, Jumat 24 Mei 2024(MI/Usman Iskandar)

BADAN Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) merilis pengumuman mengenai prakiraan cuaca esok hari, Jumat (24/5) di kota-kota besar di Indonesia. Dimana, BMKG mengingatkan untuk tetap waspada karena diperkirakan akan terjadi hujan disertai petir untuk beberapa wilayah di Indonesia.

Menurut BMKG, siklon tropis berkekuatan 93W terpantau di Samudera Pasifik sebelah timur Filipina yang menginduksi kecepatan angin lebih dari 25 not dan membentuk zona konvergensi yang membentang dari Samudera Pasifik Utara Papua hingga bagian timur Filipina dan wilayah konfluensi di Samudra Pasifik timur Filipina.
 
Saat ini, wilayah konvergensi terbentang dari Lampung hingga Sumatera Barat, dari Jawa Timur hingga Selat Sunda, dari Kalimantan Selatan hingga Kalimantan Barat, dari Laut Banda hingga Gorontalo, dan dari Pegunungan Papua hingga Laut Seram.

Sementara daerah klonfluensi terletak di Semenanjung Malaysia, Laut Cina Selatan, Laut Sulu dan Laut Banda. Kondisi ini diketahui dapat meningkatkan kemungkinan tumbuhnya awan hujan di sekitar bibit siklon tropis dan di sepanjang penggabungan jet tingkat rendah (low level jet) konvergensi atau konfluensi tersebut.

Baca juga : Prakiraan Cuaca: Hujan dan Angin di Sejumlah Kawasan Indonesia

Peningkatan kecepatan angin hingga 25 not diamati di Laut Andaman, Laut Karang, dan Laut Arafuru yang mampu meningkatkan tinggi gelombang di wilayah tersebut.

Selain itu, untuk suhu udara besok berkisar antara 20 hingga 34 derajat Celcius, dengan kelembapan antara 55 hingga 100 persen. Perkiraan tinggi gelombang laut di wilayah Indonesia berkisar antara 0,5 hingga 2,5 meter, sehingga wilayah pesisir Belawan, pesisir Kepulauan Riau, pesisir utara Jakarta, dan pesisir Kota Surabaya harus waspada terhadap banjir rob.

Prakiraan Cuaca di Kota Besar Indonesia

Pulau Sumatera

Wilayah Banda Aceh diperkirakan cerah hingga berawan, dan wilayah Pekanbaru diperkirakan berkabut. Hujan ringan diperkirakan terjadi di wilayah Padang dan Tanjung Pinang. Hujan dengan intensitas sedang hingga lebat diperkirakan terjadi di Kota Medan.

Baca juga : BMKG: Waspada Potensi Hujan Lebat Disertai Angin Kencang dan Petir Sepekan ke Depan

Sementara di wilayah kota Jambi dan Pangkal pinang diperkirakan terjadi hujan ringan. Hujan dengan intensitas sedang terjadi di wilayah Palembang, serta wilayah Bandar Lampung dan Bengkulu diharap berhati-hati terhadap hujan lebat yang disertai petir.

Pulau Jawa

Kota Yogyakarta diperkirakan berawan tebal, dan hujan ringan diperkirakan terjadi di Bandung, Semarang, dan Surabaya. Sementara itu, Kota Serang diperkirakan akan diguyur hujan dengan intensitas sedang, dan besok juga diperkirakan akan terjadi hujan disertai petir di Kota Jakarta, sehingga perlu diwaspadai.

Bali dan Nusa Tenggara

Besok diperkirakan cerah hingga berawan di wilayah Kupang, dan hujan ringan di wilayah Denpasar dan Mataram.

Baca juga : Berawan dan Hujan akan Warnai Beberapa Wilayah Indonesia

Pulau Kalimantan

Secara umum, wilayah Pontianak besok berawan, dan wilayah Palangkaraya dan Tanjung Selor diperkirakan  hujan ringan.

Masyarakat di wilayah Banjarmasin dan Samarinda harus berhati-hati karena diperkirakan esok akan terjadi hujan disertai petir

Pulau Sulawesi

Hujan ringan diperkirakan terjadi di wilayah Mamuju, Makassar, dan Kendari. Sementara itu, hujan sedang diperkirakan terjadi di Kota Gorontalo. Perlu diwaspadai untuk kota Manado dan Palu, diperkiran esok akan turun hujan disertai petir.

Indonesia bagian Timur

Untuk wilayah Indonesia bagian Timur, esok diperkirakan berawan di wilayah Jayapura, hujan ringan di wilayah Ambon dan Manokwari, dan hujan sedang di wilayah Ternate. (Z-10)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Gana Buana

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat