visitaaponce.com

Waspadai Peningkatan Pengguna Rokok Elektrik pada Anak-Anak

Waspadai Peningkatan Pengguna Rokok Elektrik pada Anak-Anak
Penjual menata produk rokok elektrik di salah satu toko di Jalan Bromo, Medan, Sumatera Utara, Senin (7/11/2022).(ANTARA/FRANSISCO CAROLLIO)

INDONESIA masih menjadi pasar yang potensial bagi pemasaran produk rokok dengan sekitar 70 juta konsumen rokok. Meski demikian, Survei Kesehatan Indonesia (SKI) 2023 menunjukkan adanya penurunan jumlah konsumen rokok.

Namun, konsumsi rokok elektronik justru meningkat. Survei Kesehatan Indonesia 2023 menunjukkan pengguna rokok elektronik meningkat dari 0,06% (Riskesdas 2018) menjadi 0,13%.

"Kemungkinan ada kecendrungan anak-anak mengalihkan penggunaan rokok konvensional kepada rokok elektronik," kata Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Tidak Menular (P2PTM) Kementerian Kesehatan Eva Susanti dalam konferensi pers peringatan Hari Tanpa Tembakau Sedunia di Kantor Kemenkes, Jakarta, Rabu (29/5).

Baca juga : Swedia Bagikan Cara Mengurangi Prevalensi Perokok

Pada saat yang sama, terjadi peningkatan konsumsi rokok yang lebih signifikan terjadi pada anak dan remaja. Data Global Youth Tobacco Survey (GYTS) 2019 menunjukkan terjadinya peningkatan prevalensi merkok pada anak usia sekolah, terutama usia 13-15 tahun dari 18,3% tahun 2016 menjadi 19,2% tahun 2019.

Sementara menurut data SKI, rentang usia mulai merokok terbanyak di Indonesia adalah usia 15-19 (56,5%) dan usia 10-14 tahun (18,4%).

Eva mengatakan bahwa Indonesia dihadapkan pada bahaya pertumbuhan perokok aktif karena gencarnya pemasaran produk di kalangan masyarakat, terutama anak dan remaja. Ada serangkaian taktik dari industri rokok untuk bisa menjangkau anak muda dan menciptakan efek pemasaran di media sosial.

"Dengan memanfaatkan berbagai upaya, influencer, topik yang sedang tren, popularitas dan pengenalan merk tembakau serta nikotin di media sosial," katanya. (Z-6)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Budi Ernanto

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat