visitaaponce.com

Prakiraan Cuaca Kamis 30 Mei 2024, Awan Tebal Menyelimuti Kawasan Pulau Jawa

Prakiraan Cuaca Kamis 30 Mei 2024, Awan Tebal Menyelimuti Kawasan Pulau Jawa
Prakiraan cuaca Kamis 29 Mei 2024 menurut BMKG(Ilustrasi)

Menurut Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), prakiraan angin permukaan di  Indonesia esok hari umumnya didominasi dari angin timur dengan kecepatan 10 hingga 50 km/jam.

Perlu diketahui bahwa angin kencang melebihi 50km/jam mungkin terjadi di wilayah Sumatera Selatan, Jawa Barat, Nusa Tenggara Timur, Kalimantan Utara, Sulawesi Barat, dan Papua. 

Selain itu, suhu udara umumnya antara 20 dan 35 derajat Celcius dengan kelembaban antara 50% hingga 100%. Perkiraan tinggi gelombang laut umumnya antara 0,5 hingga 2,5 m. Waspadai juga risiko terjadi banjir rob di wilayah pesisir Kepulauan Riau, pesisir utara Jakarta, dan pesisir utara Jawa Tengah.

Baca juga : Prakiraan Cuaca 28 Mei, Terjadi Konvergensi Panjang di Beberapa Wilayah Indonesia

Prakiraan Cuaca Untuk Kota-Kota Besar di Indonesia

1. Sumatera

Prakiraan cuacra esok hari diprediksi berawan di wilayah Banda Aceh dan Tanjung Pinang, hujan ringan di Medan, berpotensi terjadi hujan petir di Pekanbaru dan Padang, hujan ringan di Bengkulu dan Palembang, berawan di Pangkalpinang dan Bandar Lampung, dan diperkirakan berkabut di kota Jambi.

2. Pulau Jawa 

Untuk pulau Jawa, secara umum diprakirakan cuaca berawan hingga berawan tebal.

3. Bali dan Nusa Tenggara 

Cuaca berawan hingga berawan tebal diprakirakan terjadi di Denpasar dan Kupang.Sementara hujan ringan berpotensi terjadi di Kota Mataram 

Baca juga : Prakiraan Cuaca Sabtu 18 Mei 2024, Hujan Lebat Diprediksi Mengguyur Sejumlah Wilayah

4. Kalimantan 

Besok, hujan ringan diprakirakan terjadi di kota-kota besar di Kalimantan.

5. Sulawesi 

Untuk wilayah Sulawesi, hujan ringan diprakirakan terjadi di Kota Manado, Kendari dan Makassar. Setelahnya, hujan sedang akan terjadi di Kota Gorontalo dan Palu, serta berpotensi terjadi hujam petir di Kota Mamuju.

6. Wilayah Indonesia Timur 

Terakhir,  cuaca berawan diprakirakan terjadi di kota Ternate dan Manokwari. Sementara hujan ringan diprakirakan terjadi di Kota Ambon dan Jayapura. (Z-10)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Gana Buana

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat