visitaaponce.com

Prakiraan Cuaca Sabtu 18 Mei 2024, Hujan Lebat Diprediksi Mengguyur Sejumlah Wilayah

Prakiraan Cuaca Sabtu 18 Mei 2024, Hujan Lebat Diprediksi Mengguyur Sejumlah Wilayah
Prakiraan cuaca(Antara)

INDONESIA diperkirakan akan mengalami kondisi cuaca yang beragam pada Sabtu, 18 Mei 2024. Beberapa wilayah berpotensi mengalami hujan lebat dan kilat, sementara wilayah lainnya dapat menikmati cuaca cerah hingga berawan.

Menurut Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), terdapat sirkulasi siklonik di beberapa lokasi, seperti Samudra Hindia Barat Sumatera Barat, Utara Kalimantan, dan Pegunungan Papua.Sirkulasi siklonik adalah pola pergerakan udara di sekitar area rendah tekanan atmosfer. Udara berputar searah jarum jam di belahan bumi utara dan berlawanan arah di belahan bumi selatan. Ini sering terkait dengan cuaca buruk seperti hujan lebat dan angin kencang.

Dengan adanya sirkulasi tersebut, maka dapat menyebabkan perlambatan kecepatan angin atau konvergensi, yang meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan di sekitar daerah tersebut.

Baca juga : Waspada Hujan Ringan, Berikut Prakiraan Cuaca Rabu 15 Mei

Prakiraan angin permukaan umumnya bertiup dari arah Timur dan Tenggara dengan kecepatan antara 10 hingga 50 km/jam. Peningkatan kecepatan angin terpantau di beberapa wilayah, seperti Laut Banda, Laut Arafuru, hingga Banten, yang dapat meningkatkan tinggi gelombang di perairan.

Suhu udara berkisar antara 20 hingga 34 derajat Celsius dengan kelembaban 55 hingga 100 persen. Tinggi gelombang laut umumnya antara 0,5 hingga 2,5 meter. Waspada potensi banjir rob di pesisir utara Jawa Tengah.

Prakiraan Cuaca di Beberapa Kota Besar

Pulau Sumatera 

Banda Aceh dan Pekanbaru diprakirakan hujan ringan, Medan dapat mengalami hujan lebat, sementara Padang dan Tanjung Pinang dapat disertai kilat atau petir. Di kota Jambi diprakirakan berkabut, sementara di Bengkulu, Palembang, dan Bandar Lampung diprakirakan hujan dengan intensitas ringan. Pangkal Pinang dapat mengalami hujan disertai kilat atau petir.

Baca juga : BMKG Ramal DKI Jakarta Berawan dan Hujan Ringan, Pada Selasa 7 Mei 2024

Pulau Jawa 

Secara umum diprakirakan cerah berawan hingga berawan untuk Jakarta, Semarang, Surabaya, Serang, dan Yogyakarta. Bandung diprakirakan hujan ringan.

Bali dan Nusa Tenggara 

Secara umum diprakirakan cerah berawan hingga berawan untuk Kupang dan Mataram. Di Denpasar diprakirakan hujan ringan.

Pulau Kalimantan 

Secara umum diprakirakan hujan ringan untuk Palangkaraya, Samarinda, dan Banjarmasin. Tanjung Selor dapat mengalami hujan lebat, sementara Pontianak hujan disertai kilat atau petir.

Baca juga : BMKG: Waspada Gelombang Tinggi dan Hujan Lebat di Timur Indonesia Sepekan ke Depan

Sulawesi 

Secara umum diprakirakan berawan tebal untuk Gorontalo, hujan ringan untuk Makassar dan Palu, sedangkan Mamuju dan Kendari diprakirakan hujan sedang. Manado dapat mengalami hujan disertai kilat atau petir.

Wilayah Timur Indonesia 

Secara umum diprakirakan hujan ringan untuk Ternate, Ambon, Manokwari, dan Jayapura.

BMKG mengingatkan bahwa informasi yang disampaikan adalah gambaran cuaca secara umum. Untuk informasi lebih spesifik dan diperbaharui setiap 3 jam, pantau aplikasi Info BMKG di App Store atau Play Store. Semoga informasi ini bermanfaat. (Z-10)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Gana Buana

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat