visitaaponce.com

Perayaan Foundation Day Perkuat Kolaborasi dan Nilai Kekeluargaan

Perayaan Foundation Day Perkuat Kolaborasi dan Nilai Kekeluargaan
Fun Run dengan kategori jarak 2 km dan 5 km. (Dok Mentari)

BERAWAL dari lima orang ibu dengan mimpi hendak memberikan pendidikan transformatif untuk masa depan yang baik bagi anak-anak mereka, lahirlah yayasan yang menaungi Mentari Intercultural School (MIS). Lalu, 31 tahun kemudian, sekolah kecil di halaman belakang rumah mereka telah berkembang menjadi lembaga pendidikan dengan beberapa cabang dan ribuan siswa yang menjadi bagian dari keluarga besarnya. 

Perayaan Foundation Day tahun ini dilaksanakan di MIS Bintaro. Kegiatan ini bukan hanya merupakan ajang perayaan, tetapi juga sebagai momen untuk mempererat tali silaturahmi antara warga sekolah, alumni, dan masyarakat sekitar. Sesuai dengan Visi MIS yaitu “a school that is a home, a learning that never ends (sebuah sekolah yang merupakan rumah, sebuah pembelajaran yang tidak pernah berakhir).

”Sebagai sekolah SPK (Satuan Pendidikan Kerjasama), MIS adalah sekolah yang menjadi rumah bagi para siswa kami, tempat mereka dibentuk sebagai individu pembelajar seumur hidup, yang berbudaya, berpengetahuan, penuh kepedulian bagi masyarakat dan lingkungan sekitar,” ujar Sunny Reyes, Principal High School MIS.

Baca juga : UNJ dan Yayasan Triguna 1956 Resmikan Pendirian SMA Labschool Bintaro"

Dengan mengambil tema 31 Years of Great Familyhood, perayaan Foundation Day diisi dengan berbagai kegiatan menarik dan bermanfaat yang menunjukkan komitmen MIS untuk menjadi lembaga pendidikan yang menjalin hubungan kekeluargaan yang erat dengan setiap pemangku kepentingan.

Perayaan Foundation Day ke-31 dibuka pada Jumat, (31/2) dengan rangkaian kegiatan bazar dan STEM Games. Keluarga besar Mentari menikmati waktu berkualitas bersama, mencoba berbagai kuliner lezat, serta bermain di berbagai tantangan yang disediakan. 

Permainan STEM (Science, Technology, Engineering and Mathematics) disiapkan oleh guru-guru matematika dan IPA, setiap permainannya didasarkan pada prinsip-prinsip STEM. Melalui eksperimen, demonstrasi interaktif, dan adu ketangkasan, siswa diajak mengenal prinsip-prinsip logika, fisika, kimia, dan matematika. Kegiatan ini diharapkan membuat siswa tertarik untuk semakin mengembangkan pengetahuan di bidang STEM. 

Baca juga : Sinergi Pemerintah Pusat dan Daerah Kunci Penyelenggaraan PPDB Berkualitas

Kegiatan juga dimeriahkan dengan booth permainan yang disiapkan oleh Student Council (OSIS) dan oleh masing-masing house yang ada di SMP-SMA MIS Bintaro. Sistem house di MIS Bintaro mengelompokkan siswa dari kelas 7 hingga kelas 12 dalam 6 kelompok besar lintas angkatan dan merupakan salah satu cara MIS Bintaro mengembangkan komunitas yang saling mendukung dan saling menjaga melalui pengalaman kebersamaan dalam kegiatan-kegiatan berbasis house. 

Sebagai bagian dari kepedulian sosial, MIS Bintaro juga mengadakan kegiatan donor darah dan medical check-up gratis melalui kerja sama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) dan Rumah Sakit Premier Bintaro. Kegiatan ini diikuti banyak peserta dari kalangan guru, staf, orang tua murid, hingga warga sekitar.

Pada kesempatan sama, Principal Elementary MIS, Katarina Nawan Hatiningsih, yang juga penanggungjawab acara menjelaskan, highlight dari kegiatan Foundation Day ke-31 adalah Fun Run dengan kategori jarak 2 km dan 5 km. 

Fun Run diikuti oleh 418 siswa, alumni, dan orang tua siswa. Kegiatan ini tidak hanya menyehatkan, tetapi juga menjadi ajang untuk mempererat kebersamaan. Setelah kegiatan Fun Run, acara dilanjutkan dengan Student Concert yang menampilkan sejumlah band dari siswa dan guru. Acara ditutup dengan Alumni Homecoming yang diadakan pada sore hari. Alumni dari berbagai angkatan hadir untuk bernostalgia dan mengenang masa-masa indah mereka di Mentari.

“Setiap kegiatan dirancang untuk mempererat tali silaturahmi dan menanamkan nilai-nilai kebersamaan dalam keluarga besar Mentari. Kami berharap semangat 31 Years of Great Familyhood terus hidup dalam setiap langkah ke depan dan menjadikan Mentari sebagai tempat yang selalu dipenuhi rasa persaudaraan dan solidaritas,” tutup Katarina. (H-2)
 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Indrastuti

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat