visitaaponce.com

Maksimalkan Pelayanan saat Armuzna, 1.000 Petugas Disiagakan

Maksimalkan Pelayanan saat Armuzna, 1.000 Petugas Disiagakan
Jemaah haji melakukan tawaf ifadah mengelilingi kakbah di Masjidil Haram, Mekah, Arab Saudi, Sabtu (1/7/2023).(Antara/Wahyu Putro A)

PETUGAS Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saud menyiapkan 1.000 petugas untuk memaksimalkan pelayanan dan perlindungan jemaah saat puncak musim haji nanti.

"Seribu petugas ini akan ditempatkan di lokasi-lokasi yang akan dipadati jemaah haji ketika wukuf di Arafah, mabit di Muzdalifah dan Mina," ungkap Kasatop Arafah, Muzdalifah, dan Mina (Armuzna) Harun Arrasyid, Rabu (5/6), di Kantor Daker Mekah.

Harun mengatakan sedari dini 1.000 petugas tersebut dipupuk kesiapan mental, dibangun motivasi kedisiplinan terhadap tugas-tugas di Armuzna. Skenario saat puncak haji nanti menekankan pelayanan dan perlindungan maksimal untuk jemaah haji. 

Baca juga : PBNU: Mabit di Muzdalifah dengan Murur Hukumnya Sah

"Lebih dari seribu petugas akan ditempatkan di Armuzna untuk melayani jemaah. Petugas harus sigap, mulai sekarang sudah dipupuk kesiapan mentalnya," kata Harun.

Petugas di antaranya ditempatkan di Pos Mina, pos rute, jalur jamarot, dan tenda jemaah. Petugas ini di antaranya juga akan menempati pos Mobile Crisis Rescue (MCR) yang harus sigap menangani jemaah yang kelelahan atau ada yang sakit saat puncak musim haji itu.

Tantangan tahun ini ialah jarak antara tenda dengan jamarot yang cukup jauh memunculkan potensi jemaah kelelahan. "Ini tak ringan tugasnya. Perlu kesigaan dan kesiapan mental petugas," ujar Harun.

Baca juga : PPIH Arab Saudi Matangkan Skema Safari Wukuf Lansia Nonmandiri

Harun berharap agar semua skenario bisa berjalan baik. "Harapannya, jemaah terlayani baik selama Armuzna," kata Harun lagi.

Terpisah, Kadaker Makkah, Khalilulrahman, mengatakan saat ini persiapan layanan di Armuzna sudah maksimal. Tim secara maraton menyiapkan segala sesuatu agar layanan saat puncak haji bisa maksimal.

Sumber daya manusia yang akan menjadi pelayan jemaah haji terdiri dari tim kesehatan, pembimbing ibadah, hingga layanan safari wukuf untuk lansia. Meski petugas sudah maksimal dipersiapkan, jemaah tetap harus jaga diri. (Z-2)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Wisnu

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat