visitaaponce.com

Jelang Idul Adha, Pasar Hewan Kurban di Arab Saudi Kian Menggeliat

Jelang Idul Adha, Pasar Hewan Kurban di Arab Saudi Kian Menggeliat
Pasar hewan kurban di Arab Saudi.(Dok. Media Center Haji/ NU Online)

KEBERADAAN pasar hewan di Makkah, Arab Saudi, menjadi krusial sebagai penyedia hewan-hewan yang akan disembelih untuk dam. Apalagi menjelang Idul Adha, permintaan hewan baik unta, sapi atau kambing, meningkat, selain untuk dam juga untuk kurban.

Salah satu pasar yang menjual hewan untuk kurban atau dam Jeddah Cattle Market. Pasar hewan yang terletak di Jalan AlKhumroh, As-Suroriyah Ini merupakan pasar hewan terbesar di Jeddah. Pasar ini menyediakan beragam hewan seperti unta, sapi dan kambing.

Pasar yang dibangun lebih dari 30 tahun lalu itu menjadi pasar hewan favorit warga Jeddah. Seluruh hewan yang dijual di pasar ini telah diperiksa oleh Kementerian Kesehatan Arab Saudi sehingga kualitasnya terjamin dan bebas dari penyakit.

Baca juga : Kurban Berkah di Hari Raya Idul Adha, Apa Tipsnya?

Salah seorang pedagang hewan di Jeddah Cattle Market, Abdul Ali, menggaransi pihaknya memeiliki sertifikat dari otoritas berwenang di Arab Saudi untuk hewan yang dijual .

“Kami punya dokter di tempat potong kurban kami, Jika pelanggan menemukan masalah, kami siap bertanggung jawab dan kami memiliki sertifikat dari pihak berwenang, hewan kami pastikan sehat., jika merasa kecewa dengan ketidaksesuaian hewan yang dipesan maka pelanggan dapat menukar kambing yang ia inginkan, secara gratis. pengecekan dokter hewan pun bagian dari fasilitas, tidak ada biaya," ujarnya, Kamis (6/6).

Dia mengatakan banyak pembeli menjadi pelanggan tetap pasar hewan ini lantaran sudah yakin dengan kualitas hewan yang dijual. Dia mengatakan pembeli akan memesan jumlah hewan yang dijual terlebih dahulu, kemudian datang ke pedagang untuk memilih dan membayar harga hewan yang dipesan.

Baca juga : Jelang Idul Adha, Pasar Hewan di Jawa Barat sudah Menggeliat

Untuk pemotongan dan pendistribusian pembeli menyerahkan kepada penjual sesuai permintaannya.

"Orang Mekkah, Barmawi, Jizan, dan orang Bengali sering membeli disini, kualitas hewannya terjamin. Orang banyak yang membeli Domba dam Unta untuk hewan kurban, anda tidak akan menemukan pasar selengkap disini, harga disini jika saya membeli lebih dari satu dan menjadi pelanggan tetap, akan mendapatkan potongan harga, " Ujar Syech Aiman, yang ditemui tengah membeli hewan.

Harga hewan yang dijual di Jeddah Cattle Market dan Saudi pada umumnya sekitar 400-709 riyal untuk kambing dan domba, 3009-4000 riyal untuk sapi, 5000-7000 riyal untuk unta. Pasar ini beroperasi dari jam 6 pagi sampai 9 malam.

Baca juga : Catat Sejarah, Amirul Hajj 2023 Libatkan Perempuan

Untuk hewan sapi biasanya disuplai oleh peternak lokal dan sebagian lagi diimpor dari Somalia dan Sudan. Pembeli akan berdatangan beberapa hari menjelang Hari Raya Idhul Adha. Pembeli umumnya adalah instansi pemerintah, keluarga kerajaan, dan instansi swasta.

Untuk jemaah haji yang akan melakukan dam, Kementerian Agama telah menerbitkan Surat Edaran Dirjen Penyelenggara Haji dan Umrah (PHU) Nomor 04 Tahun 2024 tentang Petunjuk Teknis Pembayaran DAM/Hadyu Tahun 1445 H/2024 M.

Edaran ini juga menginformasikan lembaga yang bisa menjadi tempat membayar dam, yaitu Rumah Pemotongan Hewan atau RPH Al-Ukaisyiyah dan RPH Adhahi.

Baca juga : Penjelasan Muhammadiyah Terkait Perbrdaan Penetapan Idul Adha di Indonesia dari Arab Saudi

Untuk RPH Adhahi, biaya yang dibayarkan sebesar 720 riyal ini untuk membayar tujuh komponen, yaitu harga kambing, jasa penyembelihan, pengulitan, pembersihan perut, pendinginan (storage cold), packing, serta biaya pengiriman dan distribusi.

Sementara, bila jemaah dibayarkan ke RPH Al Ukaisyiyah dikenakan biaya sebesar 580 riyal.

(Z-9)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Putri Rosmalia

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat