visitaaponce.com

Kurban Berkah di Hari Raya Idul Adha, Apa Tipsnya

Kurban Berkah di Hari Raya Idul Adha, Apa Tipsnya?
Tips agar kurban jadi berkah(Freepik)

HARI Raya Idul Adha sudah semakin dekat. Selain menjalankan ibadah haji bagi yang mampu, berkurban menjadi salah satu amal yang sangat dianjurkan saat Idul Adha.

Berkurban hukumnya sunnah muakkad bagi umat Islam, yakni sunnah yang sangat dianjurkan bagi yang mampu. Kurban merupakan bentuk ketakwaan seorang Muslim dan menjadi sumber pahala bagi yang melaksanakannya.

Perintah berkurban pun telah tertulis di ayat Al-Qur'an surat Al-Kautsar ayat 1-2 yang berbunyi: 

Baca juga : Dukung Ketahanan Pangan, SKI Indosat Luncurkan Qurban Raya 2024

“Sesungguhnya kami telah memberikan karunia sangat banyak kepadamu, maka salatlah untuk Tuhanmu dan sembelihlah kurban,”

Selain itu, berkurban juga memiliki keutamaan untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT. Lalu apa saja keutamaan berkurban tersebut?

6 Keutamaan Berkurban

1. Amalan yang Paling Dicintai Allah SWT di Hari Raya Idul Adha

Menyembelih kurban adalah amalan yang paling dicintai Allah pada Hari Raya Idul Adha. Hal ini ditegaskan dalam hadits yang diriwayatkan oleh Aisyah r.a., di mana Rasulullah saw bersabda:

Baca juga : Bersama Lazisnu, Shopee Barokah Berbagi Kurban Sapi Limosin

"Tidaklah anak Adam melakukan suatu amalan pada hari nahar (Idul Adha) yang lebih dicintai oleh Allah melebihi mengalirkan darah (hewan kurban). Sesungguhnya ia datang pada hari kiamat dengan tanduk, kulit dan bulu-bulunya. Sesungguhnya darah itu telah sampai kepada Allah SWT sebelum darah itu tumpah ke tanah, maka hendaknya kalian senang karenanya," (HR At-Tirmidzi).

2. Sarana untuk Mendekatkan Diri kepada Allah SWT

Allah SWT telah menjanjikan bahwa berkurban dengan niat yang ikhlas dan takwa akan menjadi amalan terbaik. Hal ini tercantum dalam Al-Qur’an surat Al-Maidah ayat 27:

"Sesungguhnya Allah hanya menerima (kurban) dari orang-orang yang bertaqwa."

Baca juga : Peduli Stunting, Avrist Assurance Bagikan Daging Kurban untuk Warga Pademangan

3. Sarana untuk Meningkatkan Ketakwaan

Berkurban bukan sekadar menyembelih hewan seperti kambing, sapi, atau unta, dan membagikannya kepada orang-orang di sekitar, tetapi juga merupakan bentuk nyata untuk memperkuat ketakwaan kepada Allah SWT.

"Daging-daging unta dan darahnya itu sekali-kali tidak dapat mencapai (keridhaan) Allah, tetapi ketakwaan dari kamulah yang dapat mencapainya." (Q.S. Al-Hajj: 37).

4. Sarana untuk Menambah Amal Kebaikan

Salah satu keutamaan berkurban lainnya adalah menambah amal kebaikan sebagai bekal di akhirat. Allah menjanjikan pahala berlipat ganda bagi setiap Muslim yang mengorbankan sebagian hartanya untuk berkurban.

Baca juga : Kegembiraan Warga Tiga Jorong Terima Hewan Kurban

5. Hewan Kurban sebagai Saksi di Hari Kiamat

Dalam hadits yang diriwayatkan oleh Aisyah r.a., Rasulullah saw bersabda bahwa setiap hewan yang dijadikan kurban akan menjadi saksi pada hari kiamat, termasuk tanduk, bulu, dan kukunya.

6. Bentuk Aktivitas Kemanusiaan

Ibadah kurban tidak hanya bermanfaat bagi yang berkurban, tetapi juga membantu fakir miskin dari kelaparan. Pembagian daging kurban dapat mempererat rasa kasih sayang dan kebersamaan, karena para penerima daging kurban dapat ikut merasakan kebahagiaan Hari Raya.

Idul Adha Penuh Berkah dengan BRImo

Dengan kemajuan teknologi, kini umat Islam memiliki berbagai cara untuk mempermudah pelaksanaan kurban. Tidak perlu lagi mencari dan membeli hewan kurban sendiri, karena sekarang kamu bisa berkurban dari rumah dengan mudah seperti belanja online menggunakan BRImo.

Hanya dengan menggunakan smartphone, koneksi internet, dan aplikasi BRImo, kamu bisa ikut berkurban melalui fitur transfer atau donasi. Berikut adalah alur pembayaran kurban melalui BRImo:

  1. Pengguna melakukan transaksi kurban melalui fitur transfer atau donasi di BRImo.

  2. Selanjutnya, pengguna mengonfirmasi kurban melalui nomor WhatsApp lembaga penyalur kurban dengan menyertakan bukti transaksi.

  3. Nasabah akan menerima notifikasi dan informasi, serta laporan dari lembaga melalui WhatsApp atau email.

BRImo telah bekerja sama dengan berbagai lembaga pengelola donasi untuk memudahkan kamu berkurban dari mana saja. Yuk, cek lembaga-lembaga tersebut dan cara donasinya di bawah ini.

1. BAZNAS

Di BAZNAS, Anda bisa memilih jumlah donasi kurban sesuai dengan kemampuan Anda:

  • Kurban domba/kambing premium: Rp 3 juta

  • Kurban 1 ekor sapi: Rp 21 juta

  • Kurban sharing 1/7 ekor sapi: Rp 3 juta

Pembayaran kurban dapat ditransfer ke rekening kurban BAZNAS di BRI dengan nomor 0504.01.000425.30.5 atas nama Badan Amil Zakat Nasional. Setelah itu, konfirmasikan Kurban Online BAZNAS melalui email [email protected] atau melalui link WhatsApp di #.

2. Yayasan Baitul Mal - YBM BRILiaN

YBM BRILiaN juga menyediakan beberapa opsi harga hewan kurban sebagai berikut:

  • Kurban domba/kambing standar: Rp 2,4 juta

  • Kurban domba/kambing medium: Rp 2,82 juta

  • Kurban domba/kambing premium: Rp 3,12 juta

  • Kurban domba/kambing super premium: Rp 3,72 juta

  • Kurban kolektif 1/7 ekor sapi: Rp 2,4 juta

  • Kurban sapi standar: Rp 15,6 juta

  • Kurban sapi premium: Rp 19,2 juta

Pembayaran kurban dapat ditransfer ke rekening kurban YBM BRILiaN di BRI dengan nomor 0206.01.011618.30.5 atas nama Yayasan Baitul Maal BRILiaN. Kemudian, konfirmasi Kurban Online YBM BRILiaN dapat dilakukan melalui email [email protected] atau WhatsApp Sazki (Sahabat Muzaki) di nomor 082112444549.

3. Dompet Dhuafa

Dompet Dhuafa telah menetapkan standar harga untuk hewan kurban sebagai berikut:

  • Domba/kambing standar (berat 23-25kg): Rp 2.050.000

  • Domba/kambing medium (berat 26-28kg): Rp 2,5 juta

  • Domba/kambing premium (berat 28-33kg): Rp 3 juta

  • Sapi (berat 250-300kg): Rp 14.350.000

  • Bagian 1/7 sapi (berat 250-300kg): Rp 2.050.000

Transaksi kurban dapat dilakukan melalui fitur transfer BRImo ke rekening Dompet Dhuafa dengan nomor 0382-01-0000-1330-6. Selanjutnya, konfirmasi pembelian kurban dapat dilakukan melalui nomor WhatsApp Dompet Dhuafa (08111 544 488) dengan menyertakan informasi seperti Nama Donatur, Nama Pekurban, Jenis Kurban, Nomor HP, Email, dan bukti transaksi.

Donatur atau nasabah akan menerima notifikasi pertama mengenai lokasi pemotongan kurban melalui WhatsApp atau SMS, dan notifikasi kedua setelah hewan kurban dipotong. Dompet Dhuafa juga akan mengirimkan laporan dan sertifikat kurban kepada donatur atau nasabah melalui email, paling lambat H+45 hari kerja setelah pemotongan hewan kurban.

Selain BAZNAS, YBM BRILiaN, dan Dompet Dhuafa, Anda juga dapat membeli kurban melalui lembaga atau masjid lain yang menerima pembayaran melalui fitur Donasi di BRImo atau dengan transfer ke rekening BRI.

Mari, jadikan Idul Adha lebih berkah dengan berkurban. Sekarang, berkurban bisa dilakukan di mana saja dengan BRImo. (Z-10)

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Gana Buana

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat