visitaaponce.com

KLHK Perkirakan Ada 608 Ton Sampah pada Idul Adha Tahun Ini

KLHK Perkirakan Ada 608 Ton Sampah pada Idul Adha Tahun Ini
Ilustrasi--Pengurus RW membagikan daging kurban dari rumah ke rumah di Kawasan Astana Anyar, Bandung, Jawa Barat, Minggu (10/7/2022).(ANTARA/Novrian Arbi)

KEMENTERIAN Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) memperkirakan, pada perayaan Idul Adha tahun ini, akan ada sebanyak 608 ton timbulan sampah plastik. Angka itu meningkat dari 2023 yakni 357 ton.

Direktur Pengurangan Sampah KLHK Vinda Damayanti mengungkapkan, berdasarkan data dari Kementerian Pertanian, pada 2024, jumlah hewan kurban adalah sebanyak 1,97 juta ekor.

"Berdasarkan hasil analisa kami, potensi timbulan sampah diperkirakan sejumlah 608 ton sampah dari 121,5 juta lembar kantong keresek," kata Vinda saat dihubungi, Senin (17/6).

Baca juga : Gandeng KLHK dan DLH DKI Jakarta, Alner Resmikan Toko Experience Guna Ulang

Ia menegaskan kantong plastik mengandung zat karsinogen yang berbahaya bagi kesehatan. 

Selain itu, sebagian besar kantong plastik mengandung logam berat timbal (Pb) yang melebihi batas yang ditentukan dan dapat masuk ke dalam tubuh melalui pernapasan atau makanan.

Menurut dia, untuk menekan potensi timbulan sampah plastik, pihaknya menganjurkan untuk pembagian daging qurban menggunakan wadah sendiri. 

Baca juga : 5 Fakta Hari Peduli Sampah Nasional 2024, Tema dan Jadwal Kegiatan

"Atau wadah ramah lingkungan seperti menggunakan wadah besek berbahan anyaman bambu, besek daun kelapa, atau dibungkus dengan daun," imbuh Vinda.

Ia juga menjelaskan, KLHK telah menerbitkan Surat Edaran Menteri Nomor: SE.6/MENLHK/PSLB3/PLB.0/6/2024 tentang Pelaksanaan Hari Raya Idul Adha Tanpa Sampah Plastik kepada seluruh Gubernur, Bupati/walikota untuk melakukan upaya-upaya pengurangan sampah plastik pada Hari Raya Idul Adha.

Beberapa hal yang diimbau, di antaranya agar bupati dan wali kota melakukan penyebarluasan informasi Idul Adha tanpa sampah plastik melalui media cetak, elektronik maupun media sosial kepada masyarakat luas di wilayah masing-masing.

Selain itu, Pemda diimbau agar menyediakan sarana dan prasarana pengelolaan sampah, seperti tempat sampah terpilah di lokasi penyelenggaraan Salat Idul Adha dan pembagian daging kurban.

Pemda juga diminta melaksanakan pengumpulan serta pengangkutan sampah di lokasi penyelenggaraan Salat Idul Adha dan pembagian daging kurban melalui fasilitas terdekat di wilayah masing-masing. (Z-1)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat