visitaaponce.com

Hujan Es Landa Sydney, Perusahaan Asuransi Kebanjiran Klaim

Hujan Es Landa Sydney, Perusahaan Asuransi Kebanjiran Klaim
.((Photo by Handout / RACQUEL COLEMAN / AFP))

MESKI hanya satu hari, hujan es yang menghantam Sydney, Australia, membawa malapetaka bagi perusahaan asuransi. Dewan Asuransi Australia (ICA) menyatakan dampak bencana tersebut menimbulkan 25.000 klaim dengan kerugian lebih dari US$125 juta.

Tiga perempat dari total klaim yang diajukan mencakup kerusakan kendaraan bermotor dan kerusakan properti. Apalagi, Sydney dilanda hujan es dengan diameter mencapai 8 sentimeter. Telepon warga berisi keluhan terus menyerbu layanan aduan perusahaan asuransi.

Juru bicara ICA, Campbell Fuller, mengatakan dampak finansial dari bencana badai akan sangat signifikan.

"Sepertinya tidak akan diketahui pasti dalam beberapa hari, tapi sampai berminggu-minggu. Satu pekan sebelum Natal, perusahaan asuransi berupaya mengatasi klaim dari rumah tangga dan dunia usaha," ucapnya.

"Saya mengimbau siapa pun yang mengalami kerusakan properti, segera mengajukan klaim secara daring. Atau, menghubungi layanan panggilan perusahaan asuransi," lanjut Fuller.

ICA mengungkapkan badai salju yang baru terjadi merupakan malapetaka kelima sepanjang 2018. Pada Maret lalu, kebakaran hutan di New South Wales dan Victoria menyebabkan kerugian yang diasuransikan sebesar US$82,5 juta. Pun pada periode yang sama, Badai Marcus melanda Queensland dengan klaim asuransi mencapai US$62 juta. Begitu juga badai dan banjir yang melanda wilayah Hobart, menimbulkan klaim asuransi sebesar US$99,6 juta.

Pemerintah negara bagian dan federal telah mengumumkan bantuan kepada korban terdampak badai dan banjir sejak 20 Desember. Bantuan tersebut menyasar warga yang huniannya tidak diasuransikan, serta mempertimbangkan aset dan pendapatan. Daerahnya mencakup Hornsby, Liverpool, Central Coast, Waverly, Woollahra, Tamworth, Lithgow dan Dubbo.

Badan Meteorologi Australia menyatakan badai yang melanda area luas juga disertai hujan es besar. Adapula daerah yang diselimuti baju. Puluhan jadwal penerbangan di bandara Sydney terpaksa ditunda, bahkan ada yang dibatalkan akibat cuaca memburuk. Durasi penundaan jadwal penerbangan pun bervariasi. Sejumlah wisatawan menggambarkan situasi bandara sangat kacau.

Di Berowra muncul laporan terkait hujan es dengan diameter sekitar 8 cm. Wilayah Cabramatta dan Surry Hills juga mengalami hujan es, namun diameternya lebih kecil. Juru bicara Layanan Darurat Negara mengungkapkan wilayah Berowra merupakan salah satu daerah terdampak yang paling parah. Setidaknya, hampir setiap rumah membutuhkan bantuan perbaikan.

Salah satu badai salju terburuk yang melanda Sydney terjadi pada 1999. Hujan es yang menghantam 85 wilayah pinggaran, setidaknya merusak 63 ribu mobil dan 22 ribu bangunan terasuransi. ICA memperkirakan kerugian finansial mencapai US$1,7 miliar. Adapun untuk prediksi kerugian finansial yang diasuransikan terkait badai salju belum lama ini, mencapai US$5,6 miliar. (ABC/OL-1)

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat