visitaaponce.com

AS Sita 4 Kapal Bahan Bakar Iran Menuju Venezuela

AS Sita 4 Kapal Bahan Bakar Iran Menuju Venezuela
Ilustrasi kapal tanker Iran(AFP/Johnny Bugeja)

AMERIKA Serikat (AS) menyita atau menguasai bahan bakar milik Iran yang akan menuju Venezuela. Sekitar 1,1 juta barel bahan bakar disita dengan bantuan mitra asing. Washington mengatakan pengiriman itu melanggar sanksi AS yang diberikan kepada Venezuela.

Duta Besar Iran untuk Venezuela mengklaim baik kapal maupun pemiliknya bukan lah orang Iran.

Seorang hakim mengeluarkan surat perintah penyitaan kargo minyak dari empat kapal tanker tersebut setelah AS mengajukan gugatan bulan lalu.

Departemen Kehakiman AS mengatakan telah berhasil melakukan penyitaan dari pengiriman bahan bakar bernilai jutaan dolar itu.

"Properti yang disita ini sekarang dalam pengamanan AS," kata pernyataan itu tanpa menyebutkan kapan atau tempat penyitaan itu terjadi.

Baca juga:  Iran Kecam Normalisasi Hubungan Diplomatik UEA dan Israel

Seorang pejabat senior AS mengatakan tidak ada kekuatan militer yang digunakan dalam penyitaan. AS mengancam pemilik kapal, perusahaan asuransi dan kapten dengan sanksi, guna memaksa mereka menyerahkan minyak.

Saat ini tidak jelas keberadaan keempat kapal yang bernama Bella, Bering, Pandi, dan Luna.

Duta Besar Iran untuk Venezuela Hojat Soltani menggambarkan laporan penyitaan itu sebagai 'propaganda palsu'.

"Ini adalah kebohongan lain dan tindakan perang psikologis yang dilakukan oleh mesin propaganda AS," ujarnya di Twitter.

Ketegangan antara Iran dan AS meningkat sejak penarikan sepihak Washington pada 2018 dari kesepakatan nuklir penting dunia.

Washington pun menjatuhkan sanksi berat pada Iran dan Venezuela dengan memblokir ekspor minyak. AS ingin menjatuhkan Presiden Venezuela Nicolás Maduro dari kekuasaan dan mengubah perilaku para pemimpin Iran. (BBC/OL-5)

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat