visitaaponce.com

UE Ungkap Kekhawatiran Soal Aktivitas Rusia di Dekat Ukraina

UE Ungkap Kekhawatiran Soal Aktivitas Rusia di Dekat Ukraina
Kepala Kebijakan Luar Negeri Uni Eropa Josep Borrell(AFP/Francisco Seco)

KEPALA Kebijakan Luar Negeri Uni Eropa Josep Borrell, Minggu (4/4), menegaskan dukungan penuh blok itu untuk Kiev saat adanya pergerakan pasukan Rusia di dekat Ukraina.

"Kami menyatakan kekhawatiran besar terkait aktivitas militer Rusia di sekeliling Ukraina," cicit Borrell setelah berbicara via telepon dengan Menteri Luar Negeri Ukraina Dmytro Kuleba.

"Dukungan Uni Eropa untuk kedaulatan dan integritas kawasan Ukraina tidak tergoyahkan," imbuhnya.

Baca juga: Ethiopia: Pasukan Eritrea Mulai Menarik Diri dari Tigray

Borrell mengatakan dirinya berencana menggelar pembicaraan lanjutan mengenai masalah itu dengan diplomat Kiev serta menteri-menteri luar negeri dari 27 negara anggota Uni Eropa dalam pertemuan pada bulan ini.

Ukraina, pekan ini, menuding Rusia menerjunkan ribuan perosnel militer ke perbatasan utara dan selatan negara itu serta di Semenanjung Krimea yang dicaplok Moskow pada 2014.

Kremlin tidak membantah adanya pergerakan pasukan itu namun bersikeras aksi itu tidak dimaksudkan untuk mengancam siapa pun.

Laporan pergerakan pasukan Rusia itu dilakukan saat meningkatnya insiden baku tembak antara pasukan Ukraina dan kelompok separatis yang didukung Rusia di timur negara itu. (AFP/OL-1)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat