visitaaponce.com

Filipina Siap Kerahkan Angkatan Laut di Laut China Selatan

Filipina Siap Kerahkan Angkatan Laut di Laut China Selatan
Kapal penjaga pantai Filipina BRP Cabra (MRRV-4409) diapit dua kapal Biro Perikanan Filipina berpatroli di Laut China Selatan.(Philippine Coast Guard/AFP)

PRESIDEN Filipina Rodrigo Duterte mengatakan dia bersedia mengerahkan kapal militer ke Laut Cina Selatan untuk menegaskan klaim negara itu atas simpanan minyak di bagian jalur air yang diperebutkan.

Duterte telah menghadapi kritik domestik yang semakin meningkat karena keengganannya untuk menghadapi Beijing atas aktivitasnya di perairan yang diklaim Filipina.

Ketegangan meningkat bulan lalu setelah ratusan kapal Tiongkok terdeteksi di Whitsun Reef di Kepulauan Spratly, yang diperebutkan oleh beberapa negara, termasuk Filipina dan Tiongkok.

Beijing telah menolak tuntutan berulang kali oleh Filipina untuk menarik kembali kapal-kapal tersebut, yang menurut Manila adalah kapal milisi maritim dan Tiongkok mengatakan sebagai kapal penangkap ikan.

"Saya tidak begitu tertarik sekarang pada memancing. Saya kira tidak ada cukup ikan untuk diperdebatkan," kata Duterte, pada Senin (19/4).

"Tapi ketika kita mulai menambang, ketika kita mulai mendapatkan apa pun yang ada di perut laut China, minyak kita, maka pada saat itu, saya akan mengirim kapal abu-abu saya ke sana untuk menyatakan klaim," katanya, sambil juga menekankan keinginannya untuk tetap berteman dan berbagi apa pun itu.

Duterte berbicara sehari setelah para pemimpin militer menolak desas-desus bahwa sebuah grup media sosial yang melibatkan anggota angkatan bersenjata telah menuntut presiden untuk mengecam Tiongkok atau mereka tidak akan lagi mendukungnya sebagai panglima tertinggi mereka.

Beijing menegaskan kedaulatan atas hampir semua jalur air, yang diyakini menyimpan cadangan sumber daya alam yang kaya. Pada 2016, pengadilan yang didukung PBB menolak klaimnya. Beijing pun mengabaikan keputusan itu.

Duterte telah berulang kali mengatakan konflik dengan Tiongkok akan sia-sia, dan pada Senin memperingatkan 'pertumpahan darah' jika Filipina mencoba untuk mengambil kembali perairan tersebut.

Ketegangan baru di kawasan itu telah membuat khawatir beberapa negara.

Amerika Serikat, sekutu militer utama Filipina, baru-baru ini mengingatkan Tiongkok tentang kewajiban perjanjiannya ke Manila.

Perselisihan itu muncul ketika Filipina menerima jutaan dosis suntikan Covid-19 dari Sinovac Tiongkok. Suntikan itu telah mendukung upaya inokulasi negara itu saat menunggu pengiriman vaksin dari Rusia dan Barat. (AFP/Nur/OL-09)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Deri Dahuri

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat