visitaaponce.com

Parlemen Eropa Setujui Kesepakatan Dagang Brexit

Parlemen Eropa Setujui Kesepakatan Dagang Brexit
Presiden Parlemen Eropa David Sassoli(AFP/YVES HERMAN)

PARLEMEN Eropa, Selasa (27/4), sepakat meratifikasi kesepakatan dagang Uni Eropa-Inggris pasca-Brexit dengan tetap melontarkan peringatan bahwa masa depan kedua pihak akan panas.

Hasil resmi dari voting itu baru akan diterbitkan pada Rabu (28/4) pagi waktu setempat namun keputusannya sudah bisa dipastikan.

"Hari ini, Parlemen Eropa melakukan voting untuk kesepakatan paling penting antara Uni Eropa dan negara ketiga," ujar Presiden Parlemen Eropa David Sassoli.

Baca juga: Pascakonser Uji Coba di Barcelona, Hanya Enam Kasus Covid-19

"Kesepakatan ini akan menjadi dasar pengembangan hubungan Uni Eropa dan Inggris," lanjutnya sembari menambahkan anggota parlemen Eropa akan mengawasi implementasi kesepakatan itu dan tidak akan menerima jika pemerintah Inggris melakukan pelanggaran.

"Anda tidak bisa mendapatkan keuntungan keanggotaan Uni Eropa saat Anda tidak lagi menjadi anggota," tegas Sassoli.

Pemungutan suara itu meratifikasi kesepakatan dagang yang dicapai pada Malam Natal setelah sembilan bulan perundingan yang sengit.

Kesepakatan itu akan menjadi dasar hubungan baru antara Inggris dan Uni Eropa, lima tahun setelah warga Inggris secara mengejutkan memilih untuk meninggalkan blok ekonomi itu setelah 47 tahun. (AFP/OL-1)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat