visitaaponce.com

Brasil Sebut Vaksin Sputnik V Bawa Virus Flu

Brasil Sebut Vaksin Sputnik V Bawa Virus Flu
Vaksin covid-19 buatan Rusia Sputnik V(AFP/Jorge BERNAL)

RANGKAIAN vaksin covid-19 Sputnik V yang dikirim ke Brasil ternyata juga membawa virus penyebab flu. Hal itu diungkapkan otoritas kesehatan negara Amerika Selatan itu menjelaskan keputusan mereka menghentikan impor vaksin asal Rusia itu.

Virolog Angela Rasmussen mengatakan penemuan itu menjadi tanda tanya bagi integritas proses pembuatan vaksin itu dan bisa berbahaya bagi warga yang memiliki sistem imun yang lemah.

Gamaleya Institut, produsen vaksin covid-19 Sputnik V, membantah laporan itu.

Baca juga: Inggris Kirim Tiga Pembangkit Oksigen ke India

Masalah pada vaksin Sputnik V mencakup pada vektor adenovirus, virus yang biasanya menyebabkan penyakit tenggorokan namun di vaksin dimodifikasi agar tidak bisa bereplikasi dan kemudian diedit untuk membawa instruksi DNA sel manusia untuk membetuk protein virus korona.

Hal itu menyebabkan sistem pertahanan tubuh manusia terlatih seandainya mereka menghadapi virus korona yang sebenarnya.

Vaksin Sputnik V menggunakan dua vektor adenovirus yaitu vektor adenovirus tipe 26 (Ad26) di suntikan pertama dan vetkor adenovirus tipe 5 (Ad5) di suntikan kedua.

Menurut slideshow yang diunggah secara daring, ilmuwan di Anvisa, regulator obat-obatan Brasil, mengatakan dalam sampel yang diuji ditemukan adenovirus yang bisa berlipat ganda.

Mereka mengatakan hal itu kemungkinan terjadi karena masalah yang disebut rekombinan kala adenovirus yang telah dimodifikasi mendapatkan lagi kemampuannya untuk bereplikasi.

Rasmussen mengatakan hal itu kemungkinan terjadi karena masalah pengedalian mutu bukan pada teknologi pembuatan vaksin itu. (AFP/OL-1)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat