visitaaponce.com

Angkatan Udara Israel Serang Dua Lokasi di Gaza

Angkatan Udara Israel Serang Dua Lokasi di Gaza
Pengunjuk rasa Palestina membakar ban saat demonstrasi di sepanjang perbatasan antara timur Jalur Gaza dan Israel, Sabtu (28/8).(AFPMahmud Hams.)

ANGKATAN udara Israel menyerang dua lokasi di Gaza, Palestina, Minggu (29/8) pagi. Serangan ini setelah warga Gaza bentrok dengan pasukan di perbatasan dan meluncurkan balon pembakar ke Israel selatan.

"Jet tempur IDF menyerang kompleks militer Hamas yang digunakan untuk pembuatan senjata dan pelatihan serta pintu masuk ke terowongan teror yang berdekatan dengan Jabalia," kata tentara Israel.

"Serangan itu sebagai tanggapan terhadap Hamas yang meluncurkan balon pembakar ke wilayah Israel dan kerusuhan kekerasan yang terjadi kemarin," tambahnya.

Baca juga: Bocah Palestina yang Terluka oleh Tentara Israel Akhirnya Meninggal

Menurut militer, kedua insiden itu menjadi contoh bagi Hamas yang terus menggunakan taktik teror dan menargetkan warga sipil. Tidak ada laporan dari Gaza tentang korban yang disebabkan oleh serangan Israel.

Pada Sabtu malam, dua kebakaran hutan terjadi di wilayah Eshkol, Israel, dekat kantong Palestina, kata petugas pemadam kebakaran Israel. Protes meletus di kemudian hari dengan tentara Israel menembakkan gas air mata dan granat kejut ketika warga Palestina membakar ban di perbatasan antara Gaza dan Israel, kata seorang wartawan AFP.

Kementerian Kesehatan di Gaza mengatakan 11 warga Palestina terluka dalam bentrokan itu, tiga di antaranya terkena tembakan langsung. Pada Sabtu (28/8), warga Gaza dimakamkan Omar Hassan Abu al-Nile, 12, yang meninggal karena luka-lukanya setelah ditembak oleh pasukan Israel selama bentrokan perbatasan seminggu sebelumnya.

Baca juga: Bertemu Biden, Bennett Tolak Nuklir Iran dan Negara Palestina

Pada 2018, warga Gaza memulai gerakan protes menuntut diakhirinya blokade Israel dan hak bagi warga Palestina untuk kembali ke tanah mereka melarikan diri atau diusir dari ketika negara Yahudi didirikan pada 1948. Demonstrasi mingguan yang sering disertai kekerasan didukung oleh Hamas, kelompok militan Islam yang menguasai Gaza. Israel membunuh sekitar 350 warga Palestina di wilayah itu selama lebih dari setahun. (OL-14)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Wisnu

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat