visitaaponce.com

Indonesia dan Australia Tandatangani Tiga Nota Kesepahaman

Indonesia dan Australia Tandatangani Tiga Nota Kesepahaman
Menhan RI Prabowo Subianto dan Menhan Australia Peter Dutton menunjukkan naskah kerja sama di Gedung Pancasila, Jakarta, Kamis (9/9).(ANTARA FOTO/HO/Humas Kemenlu)

MENTERI Luar Negeri Retno Marsudi dan Menteri Pertahanan Prabowo Subianto mengadakan pertemuan 2+2 dengan Menlu Australia Marise Payne dan Menhan Australia Peter Dutton pada Kamis (9/9) di Jakarta.

Dalam pertemuan tersebut, Retno mengatakan bahwa Indonesia dan Australia telah menandatangani tiga nota kesepahaman (MoU).

“Dalam kunjungan Menteri Payne dan Menteri Dutton dilakukan penandatanganan tiga MoU, yaitu MoU Penanggulangan Terorisme dan Ekstremisme Kekerasan, MoU Kerjasama Siber dan Pengembangan Teknologi Siber, dan Pengaturan Kerja Sama Pertahanan yang baru saja ditandatangani oleh kedua Menteri Pertahanan,” kata Retno dalam konferensi pers daring, Kamis (9/9).

Selain itu, Retno dan Payne juga menandatangani MoU tentang Kerjasama Trilateral dengan Negara-negara Pasifik. Retno optimis, kerja sama tersebut dapat meningkatkan kontribusi bagi pembangunan ekonomi dan manusia di kawasan.

“Saya yakin bahwa MoU tentang Kerjasama Trilateral dengan Negara-negara Pasifik yang saya dan Menteri Luar Negeri Payne tandatangani hari ini memberikan platform untuk kontribusi bersama yang lebih besar bagi pembangunan ekonomi dan manusia di kawasan,” tuturnya.

Dalam kesempatan tersebut, Retno kembali menegaskan komitmen Indonesia untuk meningkatkan hubungan dengan negara-negara Pasifik, termasuk melalui Pacific Island Forum (PIF).

“Dalam konteks ini, saya sangat menghargai dukungan Australia untuk 2nd Pacific Exposition yang akan diselenggarakan secara virtual oleh Indonesia pada bulan Oktober dan akan memberikan kesempatan bagi Negara-negara Pasifik untuk memperkuat kerjasama ekonomi dan people to people,” tandasnya. (Aiw/OL-09)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Deri Dahuri

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat