visitaaponce.com

Biden Beri Selamat kepada 2 Jurnalis Pemenang Hadiah Nobel Perdamaian

Biden Beri Selamat kepada 2 Jurnalis Pemenang Hadiah Nobel Perdamaian
Potret gabungan jurnalis Maria Ressa dan Dmitry Muratov yang meraih Nobel Perdamaian.(AFP)

PRESIDEN AS Joe Biden menyampaikan ucapan selamat kepada wartawan investigasi Maria Ressa dari Filipina dan Dmitry Muratov dari Rusia karena memenangkan Hadiah Nobel Perdamaian atas peran mereka dalam mempromosikan kebebasan berekspresi.

"Ressa dan Muratov mengejar fakta, tanpa lelah dan tanpa rasa takut," kata Biden dalam sebuah pernyataan, Jumat (8/10).

"Mereka telah bekerja untuk memeriksa penyalahgunaan kekuasaan, mengungkap korupsi, dan menuntut transparansi. Mereka telah ulet dalam mendirikan media independen dan membela mereka dari kekuatan yang mencari keheningan mereka," imbuhnya.

Ressa, yang juga warga negara AS, adalah salah satu pendiri Rappler, sebuah perusahaan media digital untuk jurnalisme investigasi. Sementara Muratov adalah salah satu pendiri surat kabar independen terkemuka Rusia, Novaya Gazeta.

“Keduanya itu dihormati atas upaya mereka untuk menjaga kebebasan berekspresi, yang merupakan prasyarat bagi demokrasi dan perdamaian abadi," kata ketua Komite Nobel Norwegia, Berit Reiss-Andersen.

"Mereka adalah perwakilan dari semua jurnalis yang membela cita-cita ini di dunia di mana demokrasi dan kebebasan pers menghadapi kondisi yang semakin buruk," ungkap Andersen.

Baca juga:  Jurnalis Filipina dan Rusia Dianugerahi Nobel Perdamaian

Ressa, 58, satu-satunya wanita yang memenangkan Nobel tahun ini, mengatakan hadiah itu menunjukkan bahwa tidak ada yang mungkin tanpa fakta, mengacu pada hubungan antara demokrasi dan kebebasan berekspresi.

"Dunia tanpa fakta berarti dunia tanpa kebenaran dan kepercayaan," kata kritikus vokal Presiden Filipina Rodrigo Duterte tersebut dalam wawancara langsung dengan Rappler.

Dia mengatakan kepada TV2 Norwegia bahwa kehormatan itu akan memberinya dan rekan-rekannya energi luar biasa untuk melanjutkan pertarungan.

Muratov mendedikasikan setengah dari hadiahnya untuk enam jurnalis dan kontributor surat kabarnya yang terbunuh sejak tahun 2000, termasuk jurnalis investigasi terkemuka Anna Politkovskaya.

"Saya tidak bisa menerima pujian untuk ini. Ini milik Novaya Gazeta," katanya seperti dikutip oleh kantor berita Rusia TASS.

Surat kabar itu, pada hari Kamis, memperingati 15 tahun sejak pembunuhan Politkovskaya. Muratov juga mengatakan dia akan memberikan penghargaan itu kepada kritikus Kremlin yang dipenjara Alexei Navalny.

Sementara itu Kremlin memberi selamat kepada Muratov, dengan juru bicara Presiden Vladimir Putin, Dmitry Peskov, mengatakan kepada wartawan, "Dia (Muratov) berbakat. Dia berani."

Sekretaris Jenderal PBB Antonio Guterres menyerukan upaya global untuk melindungi kebebasan pers.

"Tidak ada masyarakat yang bebas dan adil tanpa jurnalis yang mampu menyelidiki kesalahan, membawa informasi kepada warga, meminta pertanggungjawaban pemimpin dan berbicara kebenaran kepada kekuasaan," katanya.

Diplomat top UE Josep Borrell mengatakan blok itu menyambut baik pilihan tersebut dan memberi selamat kepada Ressa dan Muratov atas keberanian mereka dalam mengikuti keyakinan mereka.

"Kami sepenuhnya menyetujui pengakuan Komite Nobel bahwa kebebasan berekspresi adalah prasyarat untuk demokrasi dan perdamaian abadi di seluruh dunia," kata Borrell. (Straitstimes/OL-5)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat