visitaaponce.com

Olaf Scholz Jadi Kanselir Baru Jerman Gantikan Angela Merkel

Olaf Scholz Jadi Kanselir Baru Jerman Gantikan Angela Merkel
Kanselir Jerman yang baru terpilih Olaf Scholz (kanan) and pejabat yang digantikannya, Angela Merkel, saat serah terima jabatan di Berlin.(John MACDOUGALL / AFP)

OLAF Scholz resmi menjadi Kanselir baru Jerman menggantikan Angela Merkel yang mundur setelah 16 tahun memimpin. Dia mengambil sumpah jabatannya di Bundestag pada Rabu (8/12).

Scholz tersenyum ketika secara resmi ditunjuk oleh Presiden Frank-Walter Steinmeier. Merkel mengucapkan semoga Scholz beruntung pada upacara serah terima.

“Ambil posisi ini dan bekerja untuk kebaikan negara kita,” kata Merkel.

Scholz berterima kasih kepada Merkel atas pekerjaannya, dengan mengatakan, "Anda telah berjasa bagi negara ini."

Scholz mendapat dukungan dari 395 politisi di Bundestag pada Rabu (8/12) pagi.

Pemungutan suara itu tidak mengejutkan. Partai Sosial-Demokrat Jerman (SPD) kiri-tengah Scholz dan mitra koalisinya, Demokrat Bebas dan Partai Hijau, memiliki 416 kursi di 736 majelis rendah parlemen Jerman.

Scholz mengatakan pada Selasa (7/12) bahwa pemerintah baru, yang memaksa Uni Demokratik Kristen (CDU) Merkel menjadi oposisi untuk pertama kalinya sejak 2005, mengambil tantangan besar dekade ini dan jauh melampaui itu.

“Jika berhasil, itu amanat untuk dipilih kembali bersama-sama pada pemilu berikutnya,” tuturnya.

Ujian langsung di depan

Pengalihan kekuasaan terjadi ketika Jerman mengalami gelombang terburuk pandemi Covid-19 di 16 negara bagian federalnya, tetapi pemerintah Scholz juga harus menghadapi tantangan jangka panjang untuk memodernisasi negara dan menangani perubahan iklim.

Scholz telah mendukung mandat vaksin umum, yang akan membuat semua penduduk Jerman harus diimunisasi untuk Covid-19. Namun dia juga mengatakan bahwa pembuat undang-undang harus memutuskan sesuai dengan prinsip mereka.

"Kami akan membuka jalan bagi keputusan hati nurani oleh anggota Bundestag Jerman tentang mandat vaksin umum yang akan mulai berlaku tahun depan, pada Februari atau awal Maret, dan semua orang dapat bersiap untuk saat ini," kata Scholz Rabu (8/12) lalu.

"Saya akan memilih mendukung undang-undang semacam itu," tambahnya.

Transisi selama dua bulan yang membuat Merkel menjabat sebagai kanselir sementara telah disalahkan oleh beberapa pihak atas respons lambat Jerman terhadap gelombang infeksi terbaru.

Sekitar 68,7% populasi di Jerman telah divaksinasi lengkap, jauh di bawah target minimum pemerintah sebesar 75%.

Ada protes besar di negara itu terhadap tindakan pandemi di masa lalu, dan mandat vaksin yang diusulkan kemungkinan akan ditentang oleh beberapa orang. Namun, jajak pendapat menunjukkan sebagian besar warga Jerman mendukung.

Scholz, 63, telah menjadi Wakil Kanselir dan Menteri Keuangan Jerman sejak 2018 dan merupakan mantan Wali Kota Hamburg.

Scholz yang merupakan seorang mantan pengacara yang bergabung dengan Sosial Demokrat pada usia 17 tahun, telah memposisikan dirinya untuk menggantikan Merkel selama beberapa waktu.

Dia menyindir bahwa dirinya akan tetap dengan mentalitas Jerman timur laut Merkel dan tidak banyak yang akan berubah setelah itu.

“Dia terpilih karena dia sangat mirip dengan Angela Merkel, dan itu adalah perhitungannya,” ujar Lars Haider, pemimpin redaksi Hamburger Abendblatt dan penulis biografi Scholz.

Scholz dikreditkan dengan kemenangan mengejutkan Sosial Demokrat dalam pemilihan 2021, dengan partai yang datang dari tempat ketiga dalam jajak pendapat untuk mengamankan kemenangan tipis atas CDU.

Dia kemudian dengan cepat membentuk koalisi dengan Partai Hijau Jerman dan Demokrat Bebas yang pro-bisnis.

Haider, yang bukunya tentang Scholz akan diterbitkan dalam bahasa Jerman minggu ini, mengatakan bahwa hanya karena Scholz seperti Merkel, itu tidak berarti Jerman menuju arah yang sama.

Merkel, katanya, adalah politikus reaktif yang merespons suasana politik dan publik. Scholz jauh lebih menentukan.

“Dia memiliki tujuan yang jelas, dan dia menempatkan segala sesuatunya pada tempatnya untuk mencapainya. Jika tidak berhasil, dia berkata: 'Oke, lain kali saya akan melakukannya dengan lebih baik’,” kata Haider. (Aiw/Euronews/OL-09)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Deri Dahuri

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat