visitaaponce.com

Dewan Keamanan PBB Sepakati Resolusi Agar Bantuan Bisa Masuk Afghanistan

Dewan Keamanan PBB Sepakati Resolusi Agar Bantuan Bisa Masuk Afghanistan
Perempuan Afghanistan memilah bantuan makanan yang diberikan oleh Palang Merah di Kandahar.(AFP/Javed TANVEER )

DEWAN Keamanan (DK) PBB, Rabu (22/12), secara bulat mengadopsi resolusi buatan Amerika Serikat (AS) agar bantuan kemanusiaan bisa masuk ke Afghanistan, sembari tetap memastikan dana itu tidak jatuh ke tangan Taliban.

Resolusi pertama yang dicapai setelah PBB, selama berbulan-bulan, dalam upaya mencegah Afghanistan mengalami bencana kemanusiaan disambut baik oleh Taliban sebagai langkah yang baik.

Sejak Taliban berkuasa di Afghanistan, Agustus lalu, miliaran dolar dana bantuan dan aset dibekukan oleh negara Barat yang disebut PBB menyebabkan kejutan fiskal bagi Afghanistan yang ekonominya tergantung pada bantuan asing.

Baca juga: Organisasi Negara Islam Bertemu di Pakistan Bahas Bantuan untuk Afghanistan

Selama berbulan-bulan, pengamat telah memperingatkan bahwa jutaan warga Afghanistan terancam harus memilih antara kelaparan atau melakukan migrasi seiring kombinasi krisis pangan, bahan bakar, dan dana di negara itu.

Resolusi DK PBB itu akan mengizinkan dana bantuan masuk ke Afghanisan selama satu tahun tanpa melanggar sanksi terhadap Taliban.

"Kami sangat menghargai resolusi itu karena itu akan membantu perekonomian Afghanisyan," ujar juru bicara Taliban Zabihullah Mujahid smebari berharap sanksi terhadap kelompoknya bisa segera dicabut. (AFP/OL-1)
 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat