visitaaponce.com

Meski Hubungan Dekat, Maroko Kutuk Tindakan Israel atas Palestina

Meski Hubungan Dekat, Maroko Kutuk Tindakan Israel atas Palestina
Demonstran memperingati Hari Tahanan Palestina dan menyerukan pembebasan warga Palestina yang dipenjara Israel, Minggu (17/4).(AFP/Abbas Momani.)

MAROKO pada Sabtu (16/4) mengutuk tindakan Israel terhadap para jemaah Palestina di masjid al-Aqsa, Jerusalem, minggu ini. Padahal dua negara itu melakukan pemulihan ikatan diplomatik pada 2020.

Kerajaan mengekspresikan, "Kutukan tegas terhadap serangan pasukan pendudukan Israel ke masjid al-Aqsa, penutupan gerbang mereka, dan agresi mereka terhadap para jemaah salat tak bersenjata di kompleks masjid," kata pernyataan kementerian luar negeri.

Maroko, "Percaya bahwa agresi yang mencolok ini dan provokasi yang disengaja selama bulan suci Ramadan hanya akan mengobarkan kebencian dan ekstremisme dan mengurangi tanpa peluang setiap peluncuran proses perdamaian di wilayah tersebut," pernyataan itu menambahkan.

Lebih dari 150 orang terluka dalam bentrokan antara demonstran Palestina dan polisi Israel di kompleks al-Aqsa pada Jumat. Maroko memulihkan hubungan diplomatik dengan Israel pada akhir 2020 berdasarkan perjanjian yang ditengahi oleh administrasi Presiden Donald Trump yang juga menerima pengakuan atas klaim kedaulatan Barat atas daerah yang disengketakan.

Namun Maroko tetap menjadi ketua Komite Al-Quds (Jerusalem) dari Organisasi Kerja Sama Islam (OKI). Negara ini ditugaskan oleh blok negara Islam tersebut untuk melindungi Masjid Al-Aqsa dan warisan budaya Jerusalem timur yang dijajah Israel.

Baca juga: Bentrokan di Al-Aqsa Jerusalem kembali Pecah, 10 Luka

Raja Mohammed VI memberikan instruksi untuk kecaman Kerajaan atas tindakan Israel untuk diteruskan langsung ke kepala Kantor Penghubung Israel di Rabat, Kementerian Luar Negeri menambahkan. Kementerian memanggil PBB dan komunitas internasional untuk campur tangan mendesak untuk menghentikan pelanggaran dan agresi ini terhadap rakyat Palestina. (AFP/OL-14)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Wisnu

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat