visitaaponce.com

AS Sebut Uji Coba Rudal Balistik Antarbenua Rusia Bukan Ancaman

AS Sebut Uji Coba Rudal Balistik Antarbenua Rusia Bukan Ancaman
Rudal balistik antarbenua Sarmat milik angkatan bersenjata Rusia yang baru saja diuji coba di Plesetsk, Rusia, Rabu (20/4).(AFP/Alexender Nemenov)

PENTAGON, pada Rabu (20/4), mengatakan bahwa uji coba rudal balistik antarbenua (ICBM) oleh Rusia tidak dipandang sebagai ancaman bagi AS dan sekutunya.

Juru Bicara Departemen Pertahanan AS John Kirby mengatakan bahwa Moskow memberi tahu Washington tentang uji coba tersebut menyusul kewajibannya berdasarkan perjanjian New START 2011, yang membatasi senjata nuklir kedua negara.

"Uji coba itu rutin dan itu tidak mengejutkan," kata Kirby kepada wartawan. "Pentagon tidak menganggap uji coba itu sebagai ancaman bagi Amerika Serikat atau sekutunya," ujarnya kepada wartawan.

Pada Rabu (20/40, Presiden Rusia Vladimir Putin mengumumkan uji coba ICBM Sarmat, dengan mengatakan itu akan membuat musuh Kremlin untuk berpikir dua kali.

"Senjata yang benar-benar unik ini akan memperkuat kemampuan tempur angkatan bersenjata kita, memastikan keamanan Rusia dari ancaman eksternal dan membuat mereka yang mencoba mengancam negara kita, berpikir dua kali," kata Putin kepada tentara dalam sambutan yang disiarkan televisi. (AFP/Nur/OL-09)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Deri Dahuri

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat