visitaaponce.com

Israel SiapGunakan Hak Bela Diri Hentikan Program Nuklir Iran

Israel Siap Gunakan Hak Bela Diri Hentikan Program Nuklir Iran
Kapal selam kelas Dolphin INS Tanin milik Israel di perairan Laut Merah dikawal INS Hanit Sa'ar-5 dan INS Kidon Korvet Kelas Sa'ar-4.5.(AFP/Kementerian Pertahanan Israel.)

PERDANA Menteri Naftali Bennett memperingatkan kepala Badan Energi Atom Internasional, Jumat (3/6), bahwa Israel siap menggunakan hak membela diri untuk menghentikan program nuklir Iran. Komentar itu muncul setelah kepala IAEA Rafael Grossi bertemu Bennett, Jumat pagi.

Peringatan Bennett merupakan pengulangan sumpah Israel untuk melakukan apa pun dalam menghentikan Iran mendapatkan bom nuklir. Itu datang dengan ketegangan meningkat karena upaya yang terhenti untuk menghidupkan kembali kesepakatan nuklir 2015 antara Iran dan kekuatan dunia yang bertujuan mencegah Iran mengembangkan senjata semacam itu.

Bennett mengatakan dalam pernyataan bahwa dia menjelaskan bahwa Israel lebih memilih diplomasi, tetapi, "berhak untuk membela diri dan bertindak terhadap Iran dalam memblokir program nuklirnya jika komunitas internasional tidak berhasil dalam kerangka waktu yang relevan."

Baca juga: Empat Warga Palestina Tewas oleh Pasukan Israel dalam Dua Hari

Kunjungan Grossi dilakukan setelah pengawas nuklir global pada Senin mengatakan masih memiliki pertanyaan yang tidak diklarifikasi meskipun ada upaya jangka panjang untuk membuat Iran menjelaskan keberadaan bahan nuklir di tiga lokasi yang tidak diumumkan. Masalah situs itu menjadi salah satu hambatan tersisa untuk menghidupkan kembali kesepakatan 2015 yang memberi Iran pelepasan dari sanksi ekonomi yang melumpuhkan dengan imbalan pembatasan kegiatan nuklirnya.

Para ahli menganggap Israel sebagai satu-satunya kekuatan nuklir di Timur Tengah. Namun negara itu menolak untuk mengonfirmasi atau menyangkal bahwa mereka memiliki senjata semacam itu.

Iran selalu membantah membuat bom nuklir. Israel dengan tegas menentang perjanjian 2015 yang dianggapnya sebagai ancaman bagi keamanannya.

Pada Oktober, Menteri Luar Negeri Israel Yair Lapid mengatakan, "Jika rezim teror akan memperoleh senjata nuklir, kita harus bertindak." Dia menambahkan bahwa Israel, "Berhak bertindak pada saat tertentu dengan cara apapun."

Baca juga: Israel Gelar Latihan Militer untuk Antisipasi Ancaman Iran

Minggu ini tentara Israel mengadakan latihan militer di Mediterania dan di Laut Merah. Media Israel melaporkan latihan itu mensimulasikan serangan skala luas terhadap Iran, termasuk fasilitas nuklirnya.

Ketika ditanyai oleh AFP pada hari Kamis, tentara tidak mengomentari sifat latihan tersebut. Namun mereka menegaskan bahwa mereka mempersiapkan dan melatih terus menerus untuk beberapa skenario termasuk ancaman dari Iran. (OL-14)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Wisnu

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat