visitaaponce.com

Mantan Jurnalis, Calon PM Israel Yair Lapid Punya Putri Autis

Mantan Jurnalis, Calon PM Israel Yair Lapid Punya Putri Autis
Yair Lapid.(AFP/Menahem Kahana.)

BEBERAPA orang di Israel menganggap Yair Lapid hanya sebagai bintang media ketika mantan pembawa berita, penjual iklan, dan aktor sinetron itu meluncurkan upayanya untuk mendapatkan kekuasaan politik satu dekade lalu. Namun pria berusia 58 tahun, yang akan menjadi perdana menteri negara Yahudi berikutnya pada tengah malam ini, memiliki sejarah yang melampaui harapan selama karier politik yang, bahkan menurut standar Israel, penuh goncangan.

Hampir satu dekade lalu, dengan partainya yang baru dibentuk, Yesh Atid (Ada Masa Depan), ia tidak langsung dianggap serius sebagai penantang menjelang pemilihan pada Januari 2013. Namun kampung halaman Lapid di Tel Aviv telah diguncang oleh protes terhadap melonjaknya biaya hidup. Dia dan partainya memfokuskan kampanye mereka pada kelas menengah Israel yang sedang berjuang dengan mempertanyakan sedikit yang menikmati pertumbuhan ekonomi.

Itu berhasil. Yesh Atid, yang dipimpin oleh mantan jurnalis berita yang secara teratur tampil dalam daftar orang-orang Israel yang paling diinginkan, mengejutkan para pakar dengan menempati posisi kedua setelah petahana sayap kanan, Benjamin Netanyahu. Lapid dimotivasi oleh layanan publik, bukan popularitas pribadi, kata Dov Lipman, yang terpilih menjadi anggota parlemen pada 2013.

Baca juga: Parlemen Israel Bubar, Pemilihan PM Baru Tengah Malam

"Dia tidak membutuhkan semua ini. Keuangannya diatur dan dia terkenal," ujar Lipman, yang telah meninggalkan politik dan partai, mengatakan kepada AFP. "Dia terlibat dalam hal ini karena dia benar-benar merasa bahwa banyak hal perlu diubah di Israel."

Tantangan 

Ayah Lapid, seorang penyintas Holocaust kelahiran Hungaria, juga telah meninggalkan media untuk bergabung dengan politik. Ibu Lapid ialah seorang penulis.

Setelah jajak pendapat pada 2013, Lapid bergabung dengan koalisi yang dipimpin Netanyahu, memiliki masa jabatan yang sulit sebagai menteri keuangan, bergabung dengan oposisi pada 2015, dan menjadi pemain kunci yang berusaha menggulingkan Netanyahu. Upaya yang berlarut-larut itu akhirnya berhasil pada Juni 2021 ketika Lapid membentuk koalisi dari kelompok agresif, moderat, sayap kiri, dan Islamis Arab yang tidak mungkin dengan mengakhiri masa 13 tahun Netanyahu.

Dia meraih kesepakatan dengan menawarkan posisi perdana menteri kepada Naftali Bennett yang partai nasionalis Yaminanya bernasib jauh lebih buruk dalam jajak pendapat daripada Yesh Atid. Lapid menjadi menteri luar negeri.

Ketika Bennett mengumumkan pekan lalu bahwa koalisi ini tidak lagi dapat dipertahankan, ini memicu pemilihan kelima Israel dalam waktu kurang dari empat tahun. Dia mengatakan akan menghormati kesepakatan pembagian kekuasaannya dengan Lapid yang akan menjabat sebagai perdana menteri dan menteri luar negeri dari pemerintahan sementara.

Baca juga: Lagi, Pembicaraan Nuklir Iran-AS Buntu

Kenaikan harga kembali muncul sebagai tantangan sebelum dia mengambil alih jabatan perdana menteri. "Kita perlu mengatasi biaya hidup," katanya, beberapa hari sebelum dia menjadi perdana menteri ke-14 Israel.

Pada bulan Desember, peringkat global resmi menyebut Tel Aviv sebagai kota termahal di dunia. Lapid kemudian membuat daftar tantangan geopolitik yang mungkin mendominasi zamannya, termasuk Iran dan gerakan militan Syiah Libanon, Hizbullah.

Inspiratif

Tentang konflik Israel-Palestina, posisi Lapid secara luas digambarkan sebagai sentris dengan beberapa kecenderungan condong ke kanan. Tidak seperti Bennett, dia lebih menyukai pembicaraan langsung dengan Palestina tentang solusi dua negara, tetapi telah menyuarakan keraguan tentang keinginan Palestina untuk berdamai dan, kadang-kadang, membela perluasan permukiman di Tepi Barat yang diduduki.

Pemilihan parlemen yang ditetapkan pada 1 November akan menjadi yang ketujuh kali bagi Lapid dan Netanyahu untuk berhadapan di kotak suara. Setelah pemilihan Maret 2020, mantan mitra politik Lapid, Menteri Pertahanan Benny Gantz, membuat kesepakatan koalisi dengan Netanyahu dalam upaya mengakhiri era kebuntuan politik Israel yang belum pernah terjadi dan masih berlangsung.

Mungkin dalam demonstrasi lain dalam beberapa tahun terakhir dari ketajaman politiknya, Lapid memutuskan hubungan dengan Gantz. Ia memperingatkan bahwa Netanyahu akan memecah koalisi sebelum menghormati kesepakatan pembagian kekuasaan.

Berbicara kepada AFP pada 2020, Lapid berkata, "Saya memberi tahu (Gantz), 'Saya telah bekerja dengan Netanyahu. Mengapa Anda tidak mendengarkan suara pengalaman. Dia tidak akan berubah'."

Baca juga: Unilever Jual Ben & Jerry's, Israel Sambut dengan Gembira

Bagi Lipman, komitmen Lapid terhadap keluarga, khususnya merawat putrinya yang autis, menunjukkan karakter perdana menteri yang baru. Lipman mengenang ketika Lapid menjadi menteri keuangan, ia secara rutin menyisihkan waktu dalam jadwal mingguannya untuk bertemu putrinya yang kondisinya menghalanginya untuk berkomunikasi dengannya.

"Saya percaya bahwa dia sangat inspiratif sebagai seorang pemimpin, yang menunjukkan tingkat kepedulian dan kasih sayang yang sampai ke inti dari siapa dia," kata Lipman. Ia menggambarkan Lapid sebagai seseorang yang tidak tertarik pada jebakan kekuasaan. Sebagai menteri keuangan, Lapid menolak mobil dan sopir yang ditawarkan negara, kenang Lipman. (AFP/OL-14)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Wisnu

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat