visitaaponce.com

Rusia Lanjutkan Misi Penguasaan Donetsk

Rusia Lanjutkan Misi Penguasaan Donetsk
Seoang warga berjalan di reruntuhan sekolah di Bakhmut, Donetsk, Ukraina akibat gempuran militer Rusia.(AFP/Igor TKACHEV)

MILITER Ukraina melaporkan pasukan Rusia sedang membuka jalan untuk mencaplok Donetsk. Serdadu Kremlin juga berhasil menghancurkan logistik bantuan Eropa dan Amerika Serikat (AS).

"Rusia sedang membuka jalan untuk menyerang Kota Bakhmut di wilayah Donetsk dan melanjutkan upaya untuk menguasai daerah di sekitar pembangkit listrik Vuhlehirska, 50 km timur laut Kota Donetsk," kata Militer Ukraina.

Ukraina menuduh Rusia menembaki beberapa lusin pemukiman di sepanjang garis depan dalam 24 jam terakhir serta hampir semua kota. Sementara pihak Rusia belum mengonfirmasi klaim Ukraina tersebut.

Baca juga: Presiden Jerman Tuding Putin Ancam Persatuan Eropa

Namun, Menteri Luar Negeri Rusia Sergey Lavrov mengungkapkan Moskow berusaha menggulingkan pemerintah Ukraina. Pernyataan itu sontak dijawab Ukraina dengan berjanji akan merebut kembali wilayah Kherson yang dikuasai Rusia paling lambat pada September.

Kementerian Luar Negeri Rusia mengklaim pihaknya berhasil menghancurkan kapal militer dan persenjataan yang dikirim AS di pelabuhan Odesa, Sabtu (23/7), dengan rudal jarak jauh presisi tinggi. (Aljazeera/OL-1)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat