visitaaponce.com

Hentikan Covid-19, Korut Puji Militernya

Hentikan Covid-19, Korut Puji Militernya
Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un.(AFP KCNA VIA KNS)

Pemimpin Korea Utara (Korut), Kim Jong Un menyelenggarakan sebuah upacara sebagai bentuk terima kasih para petugas medis militer. Dia menyatakan keberhasilan penanggulangan covid-19 berkat dedikasi mereka.

"Mengingat bahwa petugas medis militer menanggung kesulitan terbesar untuk meredakan krisis anti-epidemi di ibu kota, dia (Kim) mengucapkan terima kasih kepada mereka yang menunjukkan semangat tak kenal lelah kekuatan tempur tak terkalahkan dari tentara kita," ungkap laporan kantor berita Korut KCNA.

Ribuan petugas medis Tentara Rakyat Korea, yang dikerahkan ke front antiepidemi darurat dipulangkan setelah Kim menyatakan kemenangan melawan covid-19. Kim juga melonggarkan pembatasan pada pekan lalu.

Kim menggelar upacara tersebut di Rumah Budaya 25 April di Pyongyang pada Kamis (17/8). Kim secara khusus memanggil dan memberi selamat kepada petugas medis melakukan prestasi luar biasa dalam perjuangan antipandemi.

Sebelum gelaran ini, para petugas medis militer kembali ke unit masing-masing tanpa upacara pelepasan. Tak lama berselang Kim merasa bersalah karena mengabaikan penghargaan sehingga dilakukan upacara khusus ini.

Korut tidak pernah mengonfirmasi jumlah orang yang terjangkit covid-19, yang tampaknya karena mereka tidak memiliki alat untuk melakukan pengetesan secara luas.

Sejumlah pakar penyakit menular meragukan klaim kemajuan di Korut, dan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengatakan bahwa situasi covid-19 di negara itu bisa menjadi lebih buruk, bukan lebih baik, mengingat tidak adanya data independen. (KCNA/OL-12)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Retno Hemawati

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat