visitaaponce.com

Baru 10 Menit Meluncur, Roket Epsilon Jepang Dihancurkan

BADAN Antariksa Jepang (JAXA) telah mengirim perintah penghancuran untuk roket Epsilon setelah peluncuran pada Rabu (12/10). Alasannya karena pesawat itu tidak dapat terbang dengan aman dan dapat menimbulkan bahaya jika jatuh ke tanah.

"Roket itu tidak dapat melanjutkan penerbangan yang aman, karena bahaya yang akan ditimbulkannya jika jatuh ke tanah," kata seorang pejabat JAXA.

Untuk mencegah bencana karena roket itu jatuh ke bumi, kata dia, JAXA memutuskan untuk menghancurkannya. "Jadi kami mengambil tindakan untuk menghindari insiden seperti itu, dan kami mengirim sinyal (untuk menghancurkan roket)," katanya.

Baca juga : Roket Jepang H3 Sukses Diluncurkan Setelah Dua Kali Gagal

Ia menambahkan bahwa informasi tentang penyebab masalah utama roket itu belum dapat diketahui. Ini menjadi peluncuran roket pertama yang gagal di Jepang sejak 2003 dan perintah penghancuran diri dikeluarkan sekitar 10 menit setelah lepas landas.

Peluncuran roket dilakukan dari Pusat Antariksa Uchinoura di Kagoshima Jepang. Roket Epsilon berbahan bakar padat telah digunakan sejak 2013.

Roket ini lebih kecil dari model berbahan bakar cair sebelumnya di negara itu, dan penerus roket M-5 berbahan bakar padat yang pensiun pada 2006 karena biayanya yang tinggi.

Baca juga : Moon Sniper Jepang Berhasil Mendarat Tepat di Bulan

JAXA menggambarkan Epsilon sebagai roket berbahan bakar padat yang dirancang untuk menurunkan ambang batas ke luar angkasa.

Sebuah satelit berbentuk kotak yang dibawa oleh roket tersebut yang disebut RAISE-3, telah dijadwalkan mengorbit bumi selama satu tahun yang tertuang dalam dokumen bertajuk Demontrasi Teknologi Satelit Inovatif-3.

Universitas, lembaga penelitian, dan perusahaan telah diundang untuk merekayasa teknologi baru untuk mencoba RAISE-3. Selain RAISE-3, delapan mikrosatelit juga diluncurkan oleh roket Epsilon, kata lembar fakta.

Peluncuran roket ruang angkasa terakhir yang gagal di Jepang terjadi pada 2003, ketika negara itu membatalkan peluncuran sepasang satelit mata-mata untuk memantau Korea Utara. (AFP/Cah/OL-09)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Deri Dahuri

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat