visitaaponce.com

Masjid di Jerman Diizinkan Kumandangkan Azan

Masjid di Jerman Diizinkan Kumandangkan Azan
Masjid Pusat Koeln, Jerman mulai mengumandangkan azan untuk Salat Jumat pada Jumat (14/10).(Foto/en.shafaqna.com)

MASJID Pusat Koeln, Jerman mulai mengumandangkan azan untuk Salat Jumat pada Jumat (14/10). Pemerintah Kota Koeln mengizinkan azan sebagai penghormatan bagi banyak muslim di kota itu.

“Kami sangat senang. Adzan publik adalah tanda bahwa umat Islam berada di rumah di sini,” ujar Sekretaris Jenderal Otoritas Urusan Agama Pemerintah Turki di Jerman, DITIB, Abdurrahman Atasoy.

Masjid besar di Distrik Ehrenfeld akan menjadi masjid pertama di kota yang mengumandangkan adzan Jumat. Masjid-masjid lain di kota itu juga telah menyatakan minatnya untuk mengambil bagian dalam proyek percontohan dua tahun itu.

Berdasarkan perjanjian tersebut, Masjid Pusat Cologne akan diizinkan untuk mengumandangkan satu kali adzan melalui pengeras suara hingga lima menit pada hari Jumat, antara siang hingga pukul 15:00. Volume tidak boleh melebihi 60 desibel.

Baca juga: Bela Hak Pengungsi, Merkel Dapat Penghargaan dari PBB

Masjid Pusat Koeln telah menjadi titik nyala sentimen anti-Muslim di masa lalu dan telah dikecam terutama karena keterlibatan DITIB. Kritikus menuduh organisasi itu memata-matai para pembangkang Turki yang tinggal di Jerman.

Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan secara resmi meresmikan Masjid itu sendiri selama kunjungan kontroversial ke Jerman pada September 2018.

Murat Kayman, yang menjabat di dewan penasehat Masyarakat Alhambra, sebuah asosiasi Muslim liberal, menyambut baik fakta bahwa seruan muazin itu mungkin. Tetapi dia memperingatkan DITIB mendukung segalanya, tetapi tidak untuk kondisi demokrasi dan kebebasan. (Deutsche Welle/Cah/OL-09)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Deri Dahuri

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat