visitaaponce.com

Cile dan Indonesia Perkuat Kerja sama Energi Hijau

Cile dan Indonesia Perkuat Kerja sama Energi Hijau
Pembagasan kerja sama energi hijau antara Cile dan Indonesia.(MI/HO)

FORUM Konsultasi Bilateral (FKB) ke-5 antara Indonesia dan Cile membuahkan hasil yang signifikan dalam kerja sama dan nilai perdagangan. Kedua negara juga berkomitmen meningkatkan energi hijau.

Delegasi Indonesia dipimpin oleh Direktur Jenderal Amerika dan Eropa Kementerian Luar Negeri Republik Indonesia, Umar Hadi, dan Delegasi Cile dipimpin oleh Sekretaris Jenderal Politik Luar Negeri Kementerian Luar Negeri Republik Cile, Alex Wetzig Abdale.

"Kedua delegasi menggarisbawahi peningkatan hubungan bilateral Indonesia-Cile di tengah pandemi covid-19, yang ditunjukkan dengan peningkatan nilai perdagangan pada 2021 dan penandatanganan tiga nota kesepahaman selama 2020-2022," ungkap keterangan resmi Kementerian Luar Negeri, Kamis (20/10).

Baca juga: Kebakaran Hutan Rusak Situs Bersejarah di Pulau Paskah

FKB dilakukan untuk mengeksplorasi berbagai peluang untuk peningkatan hubungan bilateral ke depan. Nilai perdagangan bilateral meningkat signifikan setelah pemberlakuan Indonesia and Chile Comprehensive Economic Partnership Agreement (IC-CEPA) untuk perdagangan barang (Trade in goods), kerja sama perdagangan pertama antara Indonesia dengan negara di Kawasan Amerika Selatan.

Sebagai tahapan selanjutnya dari IC-CEPA, saat ini sedang dilaksanakan putaran negosiasi Perdagangan Jasa (Trade in Services), dengan target penandatanganan pada akhir 2022.

Dalam kesempatan ini, juga dibahas perkembangan implementasi kerjasama pengawasan makanan dan produk biologis, jaminan produk halal, serta penjajakan kerja sama industri strategis dan energi berkelanjutan dalam rangka transisi energi.

Selain agenda hubungan bilateral, FKB ini juga membahas mengenai perkembangan kondisi global. Delegasi Indonesia juga menjelaskan perkembangan Presidensi G20, di mana Cile mendoakan kesuksesan penyelenggarakan KTT pada November 2022. (OL-1)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat