visitaaponce.com

Iran Kecam Penyelidikan Ekspor Pesawat Nirawak ke Rusia

Iran Kecam Penyelidikan Ekspor Pesawat Nirawak ke Rusia
Pesawat nirawak(AFP)

IRAN mengecam keras seruan Prancis, Jerman, dan Inggris agar PBB menyelidiki tuduhan ekspor pesawat udara nirawak atau drone ke Rusia. Senjata itu digunakan Rusia untuk menyerang Ukraina.

Juru Bicara Kementerian Luar Negeri Iran Nasser Kanaani mengatakan seruan kelompok negara-negara E-3 itu salah alamat. Menurut dia tuduhan tersebut tidak berdasar.

"Pemerintah Republik Islam Iran, dalam upayanya untuk melindungi kepentingan nasionalnya dan untuk mengamankan hak-hak rakyat Iran, berhak untuk menanggapi setiap tindakan yang tidak bertanggung jawab," katanya.

Baca juga: Pesawat Nirawak Buatan Iran Semakin Menghantui Langit Ukraina

Dia mengatakan Iran tidak akan ragu untuk membela dari fitnah E-3. Namun dirinya tidak menjelaskan bentuk pembelaan yang dimaksud.

Sementara Ukraina mengatakan Rusia telah menggunakan drone serang Shahed-136 buatan Iran yang meluncur menuju target mereka dan meledak saat terjadi benturan.

Dalam sebuah surat yang ditandatangani utusan PBB, tiga negara Eropa mendukung seruan Ukraina untuk penyelidikan PBB pekan lalu. Penggunaan pesawat tak berawak disebutbmelanggar Resolusi Dewan Keamanan PBB 2231 yang mendukung kesepakatan nuklir Iran 2015.(Aljazeera/OL-5)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat