visitaaponce.com

6 Negara Bagian Malaysia Terancam Banjir Bandang

6 Negara Bagian Malaysia Terancam Banjir Bandang
Banjir yang melanda wilayah Batu Berendam di Malaysia.(AFP)

DEPARTEMEN Irigasi dan Drainase Malaysia (DID) mengeluarkan peringatan banjir bandang untuk enam negara bagian. Adapun wilayah yang dimaksud ialah Johor, Pahang, Terengganu, Penang, Perak dan Negeri Sembilan.

Peringatan didasarkan pada prakiraan Badan Meteorologi Malaysia (MetMalaysia), Sistem Panduan Banjir Bandang Asia Tenggara-Oseania dan model proyeksi DID. Sementara itu, sungai di negara bagian Pahang, Sarawak, Johor dan Terengganu sudah berstatus waspada.

Baca juga: Anwar Ibrahim Umumkan 28 Pembantunya untuk Stabilitas Politik

Direktur Komunikasi Komisi Layanan Air Nasional Malaysia Mohd Fazil Ismail mengatakan sebagian besar bendungan di Semenanjung Malaysia telah mencapai level maksimal. Namun, situasinya saat ini masih terkendali.

"Secara total, ada 57 bendungan dengan 47 di antaranya adalah bendungan utama di Semenanjung Malaysia. Mayoritas bendungan telah mencapai level penyimpanan maksimal," jelas Fazil.

Baca juga: Perubahan Iklim Global Makin Bahaya, Ini yang Dibutuhkan

MetMalaysia memperingatkan bahwa musim hujan pada tahun ini akan mendatangkan guyuran hujan berkelanjutan di sejumlah negara bagian pesisir timur. Prediksi itu berlangsung selama empat hari, yakni mulai 17 Desember 2022.

Adapun musim hujan di wilayah Malaysia diperkirakan terjadi hingga awal tahun depan, yang dikaitkan dengan fenomena cuaca La Nina.(StraitsTimes/OL-11)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat