visitaaponce.com

Tsunami Mulai Bermunculan, Warga Jepang Diminta Tetap di Rumah

Tsunami Mulai Bermunculan, Warga Jepang Diminta Tetap di Rumah
Warga berdiri di dekat retakan besar di trotoar jalan di kota Wajima, prefektur Ishikawa, pada Senin (1/1/2024) setelah gempa Magnitudo 7,6(Yusuke FUKUHARA / Yomiuri Shimbun / AFP)

GEMPA bumi berkekuatan 7,6 skala Richter melanda Prefektur Ishikawa, di Jepang tengah, pada Senin (1/1). Masyarakat yang berada di wilayah tersebut harus segera mengungsi.

Badan Meteorologi Jepang menyarankan masyarakat untuk tetap berada di daerah aman. Pejabat di Badan Meteorologi Jepang Shimoyama Toshihiro mengatakan masyarakat yang berada di wilayah pesisir dan sepanjang sungai di mana peringatan tsunami telah dikeluarkan harus segera mengungsi ke tempat yang aman.

Toshihiro mengatakan gelombang tsunami akan melanda berulang kali, jadi masyarakat harus tetap berada di daerah aman sampai peringatan dicabut.

Baca juga: Total 21 Kali Gempa di Atas 4 SR Landa Jepang

Ia juga mengatakan, di wilayah yang dilanda gempa kuat, risiko terjadinya tanah longsor dan robohnya rumah semakin meningkat.

Tishirio mengatakan ingin masyarakat tetap waspada terhadap aktivitas seismik di masa depan serta kondisi hujan.

Dia mengatakan, gempa dengan intensitas mencapai skala 7 kemungkinan terjadi selama sekitar satu minggu, terutama dua atau tiga hari ke depan.

Kepala Sekretaris Kabinet Hayashi Yoshimasa mengatakan tidak ada kerusakan yang terdeteksi di pembangkit listrik tenaga nuklir yang tersebar di Jepang. Sementara tsunami mulai bermunculan di beberapa kota.

Baca juga: Ishikawa Jadi Pusat Gempa 7,6 SR dan Tsunami

Itu seperti di Kota Wajima, Prefektur Ishikawa, di Jepang tengah, mengalami tsunami setinggi lebih dari 1,2 meter pada pukul 16:21 waktu setempat. Kemudian di Kota Toyama, di Prefektur Toyama juga melaporkan adanya tsunami setinggi 80 sentimeter pada pukul 16:35.

Kota Kashiwazaki, Prefektur Niigata, juga menyaksikan tsunami setinggi 40 sentimeter pada pukul 16:36. Tsunami telah mencapai pesisir Laut Jepang.

Tsunami akan berulang kali melanda pantai dan mungkin akan menjadi lebih tinggi. Peringatan tsunami besar telah dikeluarkan untuk Prefektur Ishikawa setelah gempa berkekuatan 7,6 skala Richter melanda prefektur tersebut pada Senin malam.

Peringatan tsunami juga dikeluarkan untuk prefektur Niigata, Toyama, Yamagata, Fukui dan Hyogo, juga di sepanjang pantai Laut Jepang. (NHK/Cah/S-4)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Deri Dahuri

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat