visitaaponce.com

Ishikawa Jadi Pusat Gempa 7,6 SR dan Tsunami

Ishikawa Jadi Pusat Gempa 7,6 SR dan Tsunami
Lokasi gempa Jepang.(AFP.)

GEMPA bumi berkekuatan 7,6 skala Richter (SR) melanda Prefektur Ishikawa, di Jepang tengah dan sepanjang pantai Laut Jepang, Senin (1/1). Peringatan tsunami besar telah dikeluarkan untuk prefektur tersebut. 

Peringatan tsunami juga dikeluarkan untuk prefektur Niigata, Toyama, Yamagata, Fukui dan Hyogo, juga di sepanjang Pantai Laut Jepang. Peringatan ini menjadi pertama kali sejak peringatan tsunami besar dikeluarkan sejak gempa bumi pada 2011 di timur laut Jepang. Peringatan ini dikeluarkan ketika diperkirakan terjadi tsunami setinggi tiga meter atau lebih.

Kota Wajima, Prefektur Ishikawa, mengalami tsunami setinggi lebih dari 1,2 meter pada pukul 16.21 waktu setempat. Kota Toyama, prefektur Toyama, juga melaporkan tsunami setinggi 80 sentimeter pada pukul 16.35.

Baca juga: Jepang Dilanda Tsunami usai Gempa 7,6 SR

Kota Kashiwazaki, prefektur Niigata, menyaksikan tsunami setinggi 40 sentimeter pada pukul 16.36. Tsunami telah mencapai pesisir Laut Jepang. Tsunami akan berulang kali melanda pantai dan mungkin akan menjadi lebih tinggi. 

Masyarakat yang berada di wilayah tersebut harus segera mengungsi. Melarikan diri ke tempat yang lebih tinggi dan pergi sejauh mungkin dari pantai. 

Baca juga: Gempa Kuat Magnitudo 7,6 Guncang Filipina Selatan, Timbulkan Kekhawatiran Tsunami

Perusahaan Kereta Api Jepang Timur mengatakan pengoperasian jalur Akita Shinkansen dihentikan sekitar pukul 17.00. Jalur shinkansen Joetsu dan Hokuriku juga telah dihentikan layanannya dan tidak diketahui kapan layanan akan dilanjutkan. 

Operator pembangkit listrik tenaga nuklir di kota Shika di Prefektur Ishikawa mengatakan pihaknya sedang memeriksa apakah gempa tersebut berdampak pada pembangkit listrik tersebut. Perusahaan Tenaga Listrik Hokuriku mengatakan kedua reaktor di pembangkit listrik tenaga nuklir Shika telah dimatikan. (NHK/Z-2)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Wisnu

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat