visitaaponce.com

Total 21 Kali Gempa di Atas 4 SR Landa Jepang

Total 21 Kali Gempa di Atas 4 SR Landa Jepang
Ilustrasi gempa(Dok.MI)

JEPANG mengeluarkan peringatan tsunami dan memerintahkan masyarakat untuk mengungsi dari daerah pesisir setelah serangkaian gempa kuat di garis pantai baratnya pada Senin (1/1). Badan Meteorologi Jepang melaporkan gempa di lepas pantai Ishikawa dan prefektur sekitarnya tak lama setelah pukul 4 sore, salah satunya berkekuatan awal 7,6 skala Richter (SR) .

Lembaga penyiaran publik Jepang NHK TV memperingatkan aliran air yang deras bisa mencapai ketinggian lima meter dan total terjadi 21 kali gempa di atas 4,0 SR. Jepang pun mendesak orang-orang untuk mengungsi ke dataran tinggi atau puncak gedung terdekat secepat mungkin.

Gempa ini berpusat di Prefektur Ishikawa, di Jepang tengah dan sepanjang pantai Laut Jepang, Senin (1/1). Peringatan tsunami besar telah dikeluarkan untuk prefektur tersebut.

Baca juga : Ini Beda Gempa di Jepang dan Indonesia Menurut Profesor Universitas Kagawa

Peringatan tsunami juga dikeluarkan untuk prefektur Niigata, Toyama, Yamagata, Fukui dan Hyogo, juga di sepanjang Pantai Laut Jepang.

Peringatan ini menjadi pertama kalinya sejak peringatan tsunami besar dikeluarkan sejak gempa bumi pada 2011 di timur laut Jepang. Peringatan ini dikeluarkan ketika diperkirakan akan terjadi tsunami setinggi tiga meter atau lebih.

Kota Wajima, Prefektur Ishikawa, mengalami tsunami setinggi lebih dari 1,2 meter pada pukul 16:21 waktu setempat. Kota Toyama, prefektur Toyama, juga melaporkan adanya tsunami setinggi 80 sentimeter pada pukul 16.35.

Baca juga : Jepang Cabut Peringatan Tsunami

Kota Kashiwazaki, prefektur Niigata, menyaksikan tsunami setinggi 40 sentimeter pada pukul 16:36. Tsunami telah mencapai pesisir Laut Jepang.

Tsunami akan berulang kali melanda pantai dan mungkin akan menjadi lebih tinggi. Masyarakat yang berada di wilayah tersebut harus segera mengungsi.

Melarikan diri ke tempat yang lebih tinggi dan pergi sejauh mungkin dari pantai. Perusahaan Kereta Api Jepang Timur mengatakan pengoperasian jalur Akita Shinkansen dihentikan sekitar pukul 17.00 waktu setempat.

Jalur shinkansen Joetsu dan Hokuriku juga telah dihentikan layanannya dan tidak diketahui kapan layanan akan dilanjutkan. Operator pembangkit listrik tenaga nuklir di kota Shika di Prefektur Ishikawa mengatakan pihaknya sedang memeriksa apakah gempa tersebut berdampak pada pembangkit listrik tersebut.

Perusahaan Tenaga Listrik Hokuriku mengatakan kedua reaktor di pembangkit listrik tenaga nuklir Shika telah dimatikan. (NHK/Cah/Z-7)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat